Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10661
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNur'aini-
dc.contributor.advisorMaryono-
dc.contributor.authorLhola, Dhyan-
dc.date.accessioned2019-08-09T01:25:44Z-
dc.date.available2019-08-09T01:25:44Z-
dc.date.issued2018-06-07-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10661-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan perilaku prososial ditinjau dari harga diri pada remaja di SMA Cerdas Murni Tembung. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 orang siswa SMA kelas XI dengan teknik pengambilan sampel Total sampling. Sejalan dengan pembahasan yang ada dalam pembahasan teori, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada perbedaan perilaku prososial ditinjau dari harga diri pada remaja. Dengan asumsi semakin tinggi harga diri maka semakin tinngi perilaku prososial dan semakin rendah harga diri maka semakin rendah perilaku prososialnya. Penelitian ini menggunakan skala perilaku prososial dan skala harga diri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala likert. Untuk menguji hipotesis yang diajuakan dilakukan dengan menggunakan teknik analisis satu jalur atau anava. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh bahwa terdapat perbedaan perilaku prososial ditinjau dari harga diri pada remaja. Hasil ini diketahui dengan melihat koefisien perbedaan anava dengan koefisien F = 185,353 dan p = 0,000 < 0,050 berarti signifikan. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan yaitu ada perbedaan perilaku prososial ditinjau dengan harga diri pada remaja di terima.en_US
dc.description.abstractThis study aims to see differences in prosocial behavior in terms of self-esteem in adolescents in senior high school in Cerdas Murni School Tembung. The sample in this research is 96 students of high school class XI who have high and low self-esteem. In line with the discussion that existed in the discussion of the theory, the hypothesis proposed in this study is that there are differences in prosocial behavior in terms of self-esteem in adolescents. With the assumption that the higher the self-esteem is, the higher the prosocial behavior that they have, and the lower the self-esteem is, the lower the prosocial behavior they they possess. This study uses a scale of prosocial behavior consisting of 5 aspects: sharing, giving donations, working together, honesty, and helping. It also uses self-esteem scale consisting of 4 aspects: self-courage, individual strength, individual obedience and ability to be a role-model and individual’s competencies. Data collection is done by using Likert scale to test the hypothesis that is done by using the technique of analysis of one path or anava. Based on the results of data analysis conducted, then the results obtained show that there are differences in prosocial behavior in terms of self-esteem in adolescents. This results are reviewed by looking at the value or coefficient of anova difference with coefficient F = 185,353. P = 0,000 < 0,050 means significant.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;148600022-
dc.subjectperilaku prososialen_US
dc.subjectharga dirien_US
dc.subjectremajaen_US
dc.subjectprocosial behavioren_US
dc.subjectself esteemen_US
dc.subjectadolescenten_US
dc.titlePerbedaan Perilaku Prososial Ditinjau dari Harga Diri pada Remaja di SMA Cerdas Murni Tembungen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
148600022 - Dhyan Lhola - Fulltext.pdfFulltext958.79 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.