Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11082
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorPurba, Annawati Dewi-
dc.contributor.advisorAzis, Azhar-
dc.contributor.authorAprillia, Arista Dwi-
dc.date.accessioned2019-11-19T01:47:29Z-
dc.date.available2019-11-19T01:47:29Z-
dc.date.issued2019-09-30-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/11082-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan kecanduan media sosial (Instagram) pada remaja di SMA swasta Harapan 1 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 62 remaja di kelas XI di SMA Harapan 1 Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan dua skala, yaitu skala kontrol diri dengan kecanduan media sosial (Instagram). Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dengan rxy = - 0,419 ; p = 0,000 < 0,05, artinya terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan kecanduan media sosial (Instagram) dengan asumsi bahwa semakin tinggi kontrol diri maka semakin rendah pula kecanduan media sosial (Instagram). Sebaliknya, semakin rendah kontrol diri maka akan semakin tinggi kecanduan media sosial (Instagram). Dengan demikian maka hipotesis yang diajukan diterima. Sumbangan efektif kontrol diri dalam kecanduan media sosial (Instagram) sebesar 17,6 % dan sisanya 82,4 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.en_US
dc.description.abstractThe objective of this study is to find the correlation between self-control and social media addiction (Instagram) of teenagers in SMA harapan 1 Medan. This research uses a quantitative approach. This research samples a total of 62 teenagers in the XI class in SMA Harapan 1 Medan. Sampling techniques are purposive sampling. Data retrieval is done using two scales, namely self-control and social media addiction (Instagram). Data analysis using product moment correlation techniques with rxy = -0.419; p = 0.000 < 0.05, meaning that there is a negative correlation between self-control and social media addiction (Instagram), which indicates that the higher the self-control then the lower the social media addiction (Instagram). Instead, the lower the self control then the higher the social media addiction (Instagram). Thus the hypothesis proposed is accepted. Based on the research result, the contribution self-control in social media addiction (Instagram) is 17.6 % and the rest is 82.4 % affected by other factors.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;158600036-
dc.subjectkontrol dirien_US
dc.subjectkecanduan media sosialen_US
dc.subjectinstagramen_US
dc.subjectremajaen_US
dc.subjectself controlen_US
dc.subjectsocial media addictionen_US
dc.subjectteenagersen_US
dc.titleHubungan antara Kontrol Diri dengan Kecanduan Media Sosial (Instagram) pada Remaja di SMA Harapan 1 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
158600036 - Arista Dwi Aprillia - Fulltext.pdfFulltext1.74 MBAdobe PDFView/Open
158600036 - Arista Dwi Aprillia - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV439.2 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.