Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10131
Title: | Kontribusi Kecerdasan Emosi, Motivasi Belajar dan Cara Berpikir Terhadap Keberhasilan Problem Based Learning |
Authors: | Filtri, Heleni |
metadata.dc.contributor.advisor: | Lubis, Zulkarnain Lubis, M. Rajab |
Keywords: | kecerdasan emosional;motivasi belajar;cara berpikir;problem based learning |
Issue Date: | 6-May-2010 |
Publisher: | Universitas Medan Area |
Description: | Tuntutan reformasi telah membawa perubahan tatanan dan pembaharuan di berbagai bidang kehidupan di Indonesia. Perubahan dan pembaharuan itu menuntut penyesuaian visi, misi, tujuan dan strategi agar selalu dapat rnemenuhi tuntutan kebutuhan zaman, demikian halnya dengan sistem pendidikan nasional. Pembaharuan pendidikan tersebut dilakukan secara terencana, terarah dan berkesinambungan sehingga mampu menjamin pemerataan kesernpatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk dapat rnenghadapi tantangan dan tuntutan perubahan baik pada tingkat lokal, nasional maupun regional. Masyarakat dan bangsa Indonesia perlu dipersiapkan memasuki milenium ketiga dengan tuntutan-tuntutan global. Pendidikan di Indonesia termasuk pendidikan tinggi, belum bermakna bagi peningkatan kualitas manusia Indonesia. Kehidupan moral, etos kerja, kemampuan dan keterampilan yang masih rendah. Kehidupan global menuntut penguasaan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, pendidikan tinggi belum sepenuhnya dapat memenuhi tuntutan-tuntutan tersebut. Jatuh bangunnya kualitas pendidikan di Indonesia disebabkan sering berubahnya kurikulum yang diterapkan pada pembelajaran. Fenomena yang sering terjadi di Indonesia yaitu setiap pergantian kabinet pemerintahan, dalam hal ini menteri pendidikan, berubah pula kurikulum yang diterapkan. Metode konvensional juga sudah banyak dikritik dan dituntut untuk diperbaiki. Pembelajaran konvensional yang sifatnya searah yaitu dari dosen ke mahasiswa dan mahasiswa hanya pasif menerima materi dari dosen, sekarang dianggap cara yang kurang tepat lagi. Diperlukan metode pembelajaran yang lebih efektif yaitu membuat mahasiswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sudah diterapkan diperguruan tinggi yaitu metode Problem Based Learning (Jogiyanto, 2006). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi Kecerdasan Emosi dan Motivasi Belajar dengan Cara Berpikir terhadap keberhasilan Problem Based Learning. Hasil penelitian menyatakan bahwa Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Cara berpikir tidak berkontribusi secara signifikan terhadap terhadap keberhasilan, hal ini disebabkan ada faktor lain yang dapat menentukan keberhasilan problem based learning. seperti problem solving dan cara berpikir kritis. |
URI: | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10131 |
Appears in Collections: | MT - Master of Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
081804012_Heleni Filtri.pdf | Fulltext | 3.45 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.