Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10138
Title: Hubungan Konsep Diri dan Self Esteem dengan Disiplin Belajar Siswa SMA NEgeri 1 Rantau Utara
Authors: Hasibuan, Ramidah
metadata.dc.contributor.advisor: Siregar, Nurmaida Irawani
Munir, Abdul
Keywords: konsep diri;self esteem
Issue Date: 24-May-2011
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Pembentukan kedisiplinan belajar siswa dipengaruhi banyak faktor antara lain pola pembinaan guru baik pada waktu di dalam maupun di luar kelas, konsep diri siswa yang menyangkut kemampuan menginternalisasi nilai-nilai yang diperolehnya, di sampmg beberapa aturan-aturan sekolah yang diperlakukan kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat hubungan konsep diri dengan disiplin belajar siswa?, (2) apakah terdapat hubungan self esteem dengan disiplin belajar siswa?, dan (3) apakah terdapat hubungan konsep diri dan selfesteem secara bersama-sama dengan disiplin belajar siswa? Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 541 siswa. peneliti mengambil sampel 81 siswa yang diambil secara random sampling. Instrumen pengumpulan data yang. digunakan angket sedangkan teknik analisis data yang digunakan korelasi sederhana dan ganda dan regresi sederhana dan ganda. Temuan penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan disiplin belajar dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 6,60%. Hal ini diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel konsep diri sebesar 6,60% dapat diprediksi dalam meningkatkan disiplin belajar dengan garis prediktif Y = 13,410 + 0,256X1. Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan antara self esteem dengan disiplin belajar dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 7 ,40%. Hal ini dapat diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel self esteem sebesar 7,40% dapat diprediksi dalam meningkatkan disiplin belajar dengan garis prediktif Y = 32,954 + 0,403X2. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara konsep diri dan self esteem dengan disiplin belajar dengan memberikan sumbangan efektif sebesar 11,60%. Hal ini bermakna bahwa 11,60% dari variasi yang terjadi disiplin belajar dapat diprediksi oleh variabel konsep diri dan variabel self esteem. Dengan kata lain, konsep diri dan self esteem secara bersamasama dapat meningkatkan disiplin belajar dengan garis prediktif Y = -6,257 +0,21 OX1 + 0,340X2.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10138
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
091804002_Ramidah Hasibuan.pdffulltext2.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.