Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10145
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Munir, Abdul | - |
dc.contributor.advisor | Hasmaini, Babby | - |
dc.contributor.author | Harianja, Ostrom Kennedy | - |
dc.date.accessioned | 2019-04-23T03:01:02Z | - |
dc.date.available | 2019-04-23T03:01:02Z | - |
dc.date.issued | 2014 | - |
dc.identifier.other | 088600304 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10145 | - |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bersosialisasi ditinjau dari pola asuh orangtua. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi di SMA Free Methodist Medan yang berjumlah 101 siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini berbunyi: ada perbedaan kemampuan bersosialisasi pada remaja ditinjau dari pola asuh orangtua". Asumsinya remaja yang diasuh dengan pola asuh demokratis, memiliki kemampuan bersosialisasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan remaja yang diasuh dengan pola asuh otoriter dan permisif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Varians 1 Jalur, dimana dari hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: a) Terdapat perbedaan kemampuan bersosialisasi yang signifikan antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter dengan pola asuh demokratis dan permisif. Hasil ini diketahui dengan melihat nilai atau koefisien perbedaan Anava F = 3,171 dengan koefisien signifikansi 0,046. Hal ini berarti nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,050. Dengan demikian maka hipotesis yang diajukan yang berbunyi ada perbedaan kemampuan bersosialisasi antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter dengan pola asuh demokratis dan permisif, diterima b ) diketahui bahwa siswa yang diasuh dengan pola asuh demokratis memiliki kemampuan bersosialisasi yang lebih tinggi dengan nilai rata-rata 103,113 dibandingkan dengan siswa yang diasuh dengan pola asuh permisif dengan nilai rata-rata 101,342 dan siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter dengan nilai rata-rata 96,045. c) kemampuan bersosialisasi siswa SMA Swasta Free Methodist Medan, berada pada kategori tinggi, sebab mean empirik (100,960) selisihnya dengan mean hipotetik (85) melebihi bilangan SD yakni 11,038. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Medan Area | en_US |
dc.subject | kemampuan sosialisasi | en_US |
dc.subject | pola asuh orangtua | en_US |
dc.title | Kemampuan Bersosialisasi Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua pada Remaja di SMA Free Methodist Medan | en_US |
dc.type | Skripsi Sarjana | en_US |
Appears in Collections: | SP - Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
088600304_Ostrom Kennedy Harianja.pdf | Fulltext | 2.81 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.