Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10228
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Tarigan, Usman | - |
dc.contributor.advisor | Kariono | - |
dc.contributor.author | Panjaitan, Desnawati | - |
dc.date.accessioned | 2019-05-10T02:19:54Z | - |
dc.date.available | 2019-05-10T02:19:54Z | - |
dc.date.issued | 2012-04-28 | - |
dc.identifier.other | 101801018 | - |
dc.identifier.uri | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10228 | - |
dc.description | Pelaksanaan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS ) bertujuan untuk membesarkan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu dan meringankan bagi siswa yang lain, agar mereka memperoleh layanan pendidikan dasar yang lebih bermutu dalam pelaksanaannya mengalami berbagai hambatan baik menyangkut aspek kelembagaan maupun teknis operasional. Salah satu sekolah yang mendapat perhatian dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS ) adalah SMP Negeri 6 Sibolga. Pada tahun 2010 SMP Negeri 6 Sibolga mendapat bantuan Bantuan Operasional Sekolah (BOS ) sebesar Rp. 128.800.000,- yang telah digunakan sesuai dengan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) SMP Negeri 6 Sibolga Tahun 2010. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis akuntabilitas publik dalam pengelolaan dan operasional sekolah (BOS) pada SMP Negeri 6 Sibolga. Sampel diambil sebanyak 42 orang secara purposive sampling yang mewakili para stakeholders terdiri Kepala Sekolah, Guru-guru, Komite Sekolah dan Aparat Pemerintah (Dinas Pendidikan Kota Sibolga). Analisis data dilakukan dengan tabel frekuensi secara deskriftif, Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Akuntabilitas dalam Pengelolaan dana BOS di SMP Negeri 6 Sibolga dilihat dari aspek Adanya proses pembuatan keputusan yang dibuat secara tertulis, Adanya Akurasi dan kelengkapan informasi yang berbubungan pengelolaan dana BOS , Adanya Kejelasan dari sasaran kebijakan, dan Adanya kelayakan dan konsistensi dalam pelaporan keuangan secara umum telah berjalan dengan baik. Aspek akuntabilitas dalam Pengelolaan BOS di SMP Negeri 6 Sibolga yang belum efektif dalam pelaksnaannya adalah penyebarluasan informasi mengenai pengelolaan dana BOS, akses publik pada informasi atas kegiatan pengelolaan dana BOS, sistem informasi manajemen dan monitoring hasil dan Laporan pertanggugn jawaban (annual report). Untuk pengelolaan dana BOS berdasarkan persepsi pengguna di di SMP Negeri 6 Sibolga sudah memenuhi standar Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) karena dalam pengelolaannya berdasarkan pada ketentuan-ketentuan yang berlaku dan dalam penyalurannya sudah tepat sasaran; Opini atas hasil akuntabilitas dapat disimpulkan, dalam pengelolaan dana BOS berdasarkan persepsi pengguna di SDN di SMP Negeri 6 Sibolga sudah memenuhi standar akuntansi auditor karena dalam pengelolaan dana BOS dapat dikatakan hasil auditnya sudah mencakup Wajar Tanpa Pengecualian, dan dalam standar auditing juga sudah mencakup tentang standar umum, standar pekerja lapangan, dan standar pelaporan; Kendala-kendala dalam proses pengelolaan dana BOS berdasarkan persepsi pengguna dapat disimpulkan bahwa masih ada beberapa kendala kepala sekolah dan bendahara tentang informasi Tim Manajemen Kota Sibolga belum dipahami oleh sekolah, masih terdapat masalah dalam pengalokasian, dengan adanya kendala ini kepala sekolah dan bendahara harus lebih memahami tentang informasi Tim Manajemen guna untuk kelancaran pengelolaan dana BOS . | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Medan Area | en_US |
dc.subject | akuntabilitas publik | en_US |
dc.subject | bantuan operasional sekolah | en_US |
dc.title | Akuntabilitas Publik Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMP Negeri 6 Sibolga | en_US |
dc.type | Tesis Magister | en_US |
Appears in Collections: | MT - Master of Public Administration |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
101801018_Desnawati Panjaitan.pdf | Fulltext | 1.48 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.