Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10230
Title: Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV pada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Studi pada Badan Diklat Provinsi Sumatera Utara)
Authors: Harahap, Rosmini
metadata.dc.contributor.advisor: Kariono
Miftahuddin
Keywords: evaluasi program;diklatpin iv
Issue Date: 30-May-2012
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Kebijakan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV adalah kebijakan pengembangan pegawai yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja para alumnusnya. Oleh karena itu dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV dan kinerja pegawai yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan serta mengetahui pengaruh proses pendidikan dan pelatihan tingkat IV terhadap para alumnusnya. Sedangkan pertanyaan penelitian yang diajukan adalah "bagaimana pengaruh proses pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV pegawai negeri sipil di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terhadap kinerja alumnusnya?". Untuk mencapai tujuan dan menjawab pertanyaan penelitian dilakukan penelitian kuantitatif kualitatif, dengan sasaran utama alumnus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV dan sasaran pedukungnya pengguna alumnus baik pimpinan maupun bawahan langsungnya. Sampling penelitian diambil dengan metode sampel gugus sederhana dengan kerangka sampel pelaksanaan diklat tahun2010 - 2011 dan ditemukan sampel sebanyak 289 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang bersifat kuantitatif dilakukan dengan tabulasi silang, rata-rata hitung, varians dan standart deviasi, skor Z dan intepretasi. Sedangkan data kualitatif dianalisis dengan metode interaktif sebagaimana digunakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV sudah dilakukan secara baik meskipun masih ditemukan beberapa kekurangan. Sedangkan kinerja para alumnusnya secara umum dapat dikatakan cukup baik, artinya rata-rata dapat berhasil melaksanakan tugas yang diembankan oleh jabatan eselon IV. Dengan demikian proses pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV mempunyai pengaruh positif dalam meingkatkan kinerja alumnusnya, sehingga yang bersangkutan dapat berhasil menjalankan tugas dan kewajiban yang dipersyaratkan bagi jabatan eselon IV. Untuk meingkatkan efektivitas proses pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV dalam hubungannya dengan peningkatan kinerja alumnusnya, peneliti menyarankan : analisis kebutuhan diklat tidak hanya dilakukan dengan pendekatan formasi jabatan tetapi juga latar belakang pendidikan, pengalaman dan kemungkinan pengembangan, penyusunan kurikulum tidak hanya menggunakan pendekatan jenjang eselon tetapi juga jenis jabatan, penggantian widyaiswara dilakukan sesuai dengan yang digantikan, baik dari sisi kapasitas maupun latar belakang pendidikan, mengevaluasi kembali uraian tugas masing-masing unit kerja dan penciptaan lingkungan kerja yang selalu berpegang pada prinsip-prinsip etika birokrasi dan good governance.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10230
Appears in Collections:MT - Master of Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
101801026_Rosmini Harahap.pdfFulltext4.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.