Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10264
Title: Perbedaan Minat Sekolah dan Motivasi Belajar Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua Siswa SMA di Huria Kristen Indonesia (HKI) Resort Medan V
Authors: Simatupang, Hotman
metadata.dc.contributor.advisor: Munir, Abdul
Azis, Azhar
Keywords: minat sekolah;motivasi belajar
Issue Date: 30-Apr-2012
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan minat sekolah dan motivasi belajar ditinjau dari pola asuh orangtua pada siswa di Huria Kristen Indonesia (HKI) Resort Medan V. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah para siswa yang merupakan anak dari para jemaat di Huria Kristen Indonesia (HKI) Resort Medan V yang berjumlah 90 orang. Berdasarkan uraian landasan teori, diajukan hipotesis penelitian yang berbunyi: Terdapat perbedaan minat sekolah dan motivasi belajar ditinjau dari pola asuh orangtua. Anak yang memiliki orangtua dengan pola asuh demokratis, memiliki minat dan motivasi belajar yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak yang memiliki orangtua dengan pola asuh otoriter dan permisif. Dalam upaya untuk membuktikan ketiga hipotesis di atas, digunakan metode analisis data Varians 1 Jalur, dimana hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1 ). Terdapat perbedaan minat sekolah antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan permisif. Hasil ini diketahui dengan melihat nilai atau koefisien perbedaan Anava F = 35,375 dengan p = 0,000. Hal ini berarti nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,010. Dengan demikian maka hipotesis yang diajukan yang berbunyi ada perbedaan minat sekolah antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter dengan pola asuh demokratis dan permisif, diterima. 2). Terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan permisif. Hasil ini diketahui dengan melihat nilai atau koefisien perbedaan Anava F = 21,378 dengan p = 0,000. Hal ini berarti nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,010. Dengan demikian hipotesis yang diajukan yang berbunyi ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter dengan pola asuh demokratis dan permisif, diterima.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10264
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
101804010_Hotman Simatupang.pdfFulltext3.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.