Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10264
Title: | Perbedaan Minat Sekolah dan Motivasi Belajar Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua Siswa SMA di Huria Kristen Indonesia (HKI) Resort Medan V |
Authors: | Simatupang, Hotman |
metadata.dc.contributor.advisor: | Munir, Abdul Azis, Azhar |
Keywords: | minat sekolah;motivasi belajar |
Issue Date: | 30-Apr-2012 |
Publisher: | Universitas Medan Area |
Description: | Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan minat sekolah dan motivasi belajar ditinjau dari pola asuh orangtua pada siswa di Huria Kristen Indonesia (HKI) Resort Medan V. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah para siswa yang merupakan anak dari para jemaat di Huria Kristen Indonesia (HKI) Resort Medan V yang berjumlah 90 orang. Berdasarkan uraian landasan teori, diajukan hipotesis penelitian yang berbunyi: Terdapat perbedaan minat sekolah dan motivasi belajar ditinjau dari pola asuh orangtua. Anak yang memiliki orangtua dengan pola asuh demokratis, memiliki minat dan motivasi belajar yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak yang memiliki orangtua dengan pola asuh otoriter dan permisif. Dalam upaya untuk membuktikan ketiga hipotesis di atas, digunakan metode analisis data Varians 1 Jalur, dimana hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1 ). Terdapat perbedaan minat sekolah antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan permisif. Hasil ini diketahui dengan melihat nilai atau koefisien perbedaan Anava F = 35,375 dengan p = 0,000. Hal ini berarti nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,010. Dengan demikian maka hipotesis yang diajukan yang berbunyi ada perbedaan minat sekolah antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter dengan pola asuh demokratis dan permisif, diterima. 2). Terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan permisif. Hasil ini diketahui dengan melihat nilai atau koefisien perbedaan Anava F = 21,378 dengan p = 0,000. Hal ini berarti nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,010. Dengan demikian hipotesis yang diajukan yang berbunyi ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter dengan pola asuh demokratis dan permisif, diterima. |
URI: | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10264 |
Appears in Collections: | MT - Master of Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
101804010_Hotman Simatupang.pdf | Fulltext | 3.67 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.