Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10328
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNuraini-
dc.contributor.advisorHamayani, Babby-
dc.contributor.authorYanti, Juwita Ramada-
dc.date.accessioned2019-05-24T02:21:52Z-
dc.date.available2019-05-24T02:21:52Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.other108600190-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10328-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif pada mahasiswa jurusan akuntansi keuangan di perguruan tinggi harapan medan. Menurut teori Angel, Blackwell, Miniard (1994) fak:tor perilaku konsumtif dibagi dalam tiga bagian, yaitu pengaruh lingkungan pengaruh lingkungan (yaitu budaya, kelas sosial, pengaruh pribadi, keluarga dan situasi), perbedaan dan pengaruh individual (yaitu sumber daya konsumen, motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap dan kepribadian, gaya hidup dan demografi) dan proses psikologis (yaitu pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku), serta sebagaimana teori yang dikemukan oleh Neal, Quester dan Hawkins (1999) faktor perilaku konsumtif dibagi dalam dua bagian yaitu faktor eksternal (budaya, demografi, status sosial, kelompok referensi, keluarga) dan faktor internal (motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian, sikap) dan menurut William J. Staton, 1981 ( dalam mangkunegara, 2002) faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif di bagi menjadi dua bagian yaitu kekuatan sosial budaya ( budaya, kelas sosial, kelompok anutan, keluarga) dan kekuatan faktor psikologis (pengalaman belajar, kepribadian, sikap dan keyakinan, konsep diri). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan bentuk skala likert dengan 62 butir item untuk faktor perilaku konsumtif pada mahasiswa yang disebarkan sebanyak 142 eksemplar, penggunaan metode penelitian deskriptif yang kemudian dianalisis menggunakan metode kuantitatif dengan menerapkan rumus analisis validitas Product Moment dan rumus realibilitas Cronbach's Alpha, semua analisis penelitian ini dibantu dengan menggunakan sistem oprasi komputer SPSS 18.0 versi windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa skala faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif mempunyai nilai realibilitas koefisisen Cronbach's Alpha 0,936. Dapat dilihat bahwa faktor yang paling mempengaruhi perilaku konsumtif pada mahasiswa adalah faktor pembelajaran yaitu dengan persentase sangat setuju sebesar 33,6667 8%, setuju sebesar 6 2,00004%, tidak setuju sebesar 36,6672 4% dan sangat tidak setuju 9, 667 36% dimana mahasiswa membeli suatu produk berdasarkan pengalaman sebelumnya mengenai produk-produk tersebut.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectidentifikasi perilakuen_US
dc.subjectperilaku konsumtifen_US
dc.subjectmahasiswaen_US
dc.titleStudi Identifikasi Faktor-Faktor Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Keuangan di Perguruan Tinggi Harapan Medanen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
108600190_Juwita Ramada Yanti.pdfFulltext2.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.