Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10415
Title: | Hubungan Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 5 Lapang Kabupaten Aceh Utara |
Authors: | Munardi |
metadata.dc.contributor.advisor: | Lubis, Saiful Akhyar Hardjo, Suryani |
Keywords: | kompetensi guru;motivasi belajar;prestasi belajar |
Issue Date: | 30-Aug-2014 |
Publisher: | Universitas Medan Area |
Description: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Hubungan Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 5 Lapang Kabupaten Aceh Utara. Hipotesis yang diajukan adalah 1 ). Terdapat hubungan antara kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa SD Negeri 5 Lapang. 2) Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belar siswa SD Negeri 5 Lapang. 3). Terdapat hubungan antara kompetensi guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SD Negeri 5 Lapang. Untuk membuktikan hipotesis dilakukan penelitian terhadap siswa kelas IV, dan V SD Negeri 5 Lapang Kabupaten Aceh Utara yang berjumlah 80 siswa. Tehnik pengambilan sampel adalah total sampling yaitu seluruh populasi jadikan sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data adalah : Dokumentasi berupa nilai rapor, Metode Tes IQ (CPM), dan Skala Kompetensi Guru dan Skala Motivasi Belajar. Berdasarkan analisis data yang digunakan dengan Analisa Regresi Berganda didapatkan hasil adalah: 1). Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dengan koefisien Freg = 353,819; p = 0,000 dimana p < 0,050. menandakan bahwa semakin baik kompetensi guru dan semakin tinggi motivasi belajar maka akan semakin tinggi prestasi belajar, dan sebaliknya semakin buruk kompetensi guru dan semakin rendah motivasi belajar maka akan semakin rendah prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. 2). Ada hubungan antara kompetensi guru dengan prestasi belajar pada siswa SDN 5 Lapang dengan sumbangan 71,8%. 3). Ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, dengan sumbangan efektif yang didapatkan sebesar 85, 7%. Total sumbangan efektif dari kedua variabel bebas (kompetensi guru dan motivasi belajar) terhadap prestasi belajar adalah sebesar 90,2%. Dari hasil ini diketahui bahwa masih terdapat 9,8% pengaruh dari faktor lain terhadap prestasi belajar. Hasil lain diperoleh dari penelitian ini, yakni bahwa subjek penelitian ini para siswa SDN 5 Lapang, memiliki motivasi belajar yang tergolong sedang, guru mereka memiliki kompetensi yang tergolong sedang dan memiliki dan prestasi belajar yang diperoleh tergolong sedang. Hal itu diketahui dengan melihat bobot perbandingan nilai mean empirik dan mean hipotetik dari masing variabel. |
URI: | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10415 |
Appears in Collections: | MT - Master of Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
121804007_Munardi.pdf | Fulltext | 2.37 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.