Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10482
Title: Tujuan Plan Layout dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja pada Badan Pusat Statistik Propinsi Sumatera Utara
Authors: Nasution, Zulfina
metadata.dc.contributor.advisor: Hardy, Jhon
Syahriandy
Keywords: plant layout;produktivitas kerja
Issue Date: 2003
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Plant Lay Out merupakan proses pembuatan tata letak atau tata ruang yang bertujuan melancarkan pelaksanaan tugas pucuk pimpinan dari suatu perusahaan tertinggi sampai pada tingkat manajemen yang terendah. Plant Lay Out juga mempunyai aktivitas yang sangat luas dan kompleks, penataan dan penyusunan sarana perkantoran juga merupakan bagian dari Plant Lay Out. Semakin baik Plant Lay Out suatu kantor akan mempermudah proses pekerjaan antar bagian seksi rnaupun staf di suatu kantor. Sehingga produktivitas para karyawan dapat ditingkatkan. BPS Propinsi Surnatera Utara dibawahi oleh seorang Kepala Kantor yang membawahi 1 (satu) bagian yaitu Bagian Tata Usaha yang terdiri dari 5 sub bagian dan 5 bidang yaitu Bidang Statistik Sosial, Bidang Statistik Produksi, Bidang Statistik Distribusi, Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik dan Bidang IPDS (Integrasi Pengolahan, dan Diseminasi Statistik) serta dari 5 bidang tersebut terdiri dari 15 seksi. Pekerjaan antar bidang dan bagian tersebut independen antara satu dengan yang lainnya terkecuali dengan Bidang IPDS yang merupakan pusat pengolahan data yang pekerjaannya berhubungan dengan bidang-bidang lain. BPS Propinsi Sumatera Utara merupakan instansi pemerintah yang bertugas dalam hal pengumpulan data baik untuk tingkat pusat maupun daerah. Sebelum data tersbut dipublikasikan ke pihak luar, maka ada beberapa tahap yang perlu dilalui antar lain persiapan, pelaksanaan, pengolahan dan penyajian data. Pada ketiga tahap tersebut tahap pelaksanaan yang membutuhkan tenaga yang trampil serta waktu yang cukup lama sehingga terkadang data yang disajikan terlambat sampainya pada saat diterima konsumen. Hal ini disebabkan karena kurang mengertinya masyarakat tentang kegunaan data dan faktor kesulitan dalam menemui responden. Tata letak ruang Kantor BPS Propinsi Sumatera Utara sudah cukup baik, hanya saja ada satu bidang yaitu bidang statistik distribusi yang terletak diluar gedung utama sehingga memerlukan waktu mencapai ke bidang tersebut. Sehingga apabila ada tamu yang ingin berkunjung kebidang ini harus terlebih dahulu bertanya kepada para pegawai. Sehingga pelayanan yang diberikan kurang efisien kepada para penggunna data. Begitu juga bagi para pegawai yang membutuhkan data dari bidang tersebut memerlukan cukup waktu untuk mndapatkannya sehingga banyak waktu yang terbuang.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10482
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
988300007_Zulfina Nasution.pdfFulltext3.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.