Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10749
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Purba, Anna Wati Dewi | - |
dc.contributor.advisor | Alfita, Laili | - |
dc.contributor.author | Siregar, Khusnul Khotimah | - |
dc.date.accessioned | 2019-09-09T02:34:28Z | - |
dc.date.available | 2019-09-09T02:34:28Z | - |
dc.date.issued | 2019-01-08 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10749 | - |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor motivasi belajar siswa pada Madrasah Tsanawiyah Kesuma Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa Namorambe. Motivasi belajar adalah suatu dorongan baik secara internal maupun eksternal individu sehingga individu itu bergerak untuk melakukan belajar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi di kelas VIII dan IX Madrasah Tsanawiyah Kesuma Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa Namorambe yang berjumlah 130 orang siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan metode total sampling atau sample jenuh. Teknik pengambilan data dengan menggunakan model skala Likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang memiliki kontribusi besar adalah faktor eksternal dengan persentase sebesar 66,45 persen dan faktor internal sebesar 33,55 persen. Dalam indikator sosial persentase sebesar 49,76 %, selanjutnya adalah indikator psikologis sebesar 17,04 %, yang ketiga adalah indikator nonsosial dengan persentase sebesar 16,67 %. Indikator terendah adalah faktor fisik dengan persentase 16,51%. | en_US |
dc.description.abstract | This study aims to determine the factors of student learning motivation at Madrasah Tsanawiyah Kesuma Community Resilience Institute in the Village of Namorambe. Motivation to learn is an encouragement both internally and externally so that the individual moves to learn according to the goals the student wants to achieve. This study uses a quantitative approach. The subjects of this study were students in class VIII and IX of the Madrasah Tsanawiyah Kesuma Community Resilience Institute in Namorambe Village, amounting to 130 students. The sampling technique uses a total sampling or saturated sample method. Data collection techniques using a Likert scale model. Data analysis using descriptive analysis. The results of this study indicate that the factors that have a large contribution are external factors with a percentage of 66.45 percent and internal factors of 33.55 percent. In the social indicator the percentage is 49.76%, then the psychological indicator is 17.04%, the third is the non-social indicator with a percentage of 16.67%. The lowest indicator is the physical factor with a percentage of 16.51%. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Medan Area | en_US |
dc.relation.ispartofseries | NPM;148600109 | - |
dc.subject | motivation to learn | en_US |
dc.subject | student | en_US |
dc.subject | motivasi belajar | en_US |
dc.subject | siswa | en_US |
dc.title | Studi Identifikasi Faktor-Faktor Motivasi Belajar Siswa MTS Kesuma LKMD Namorambe | en_US |
dc.type | Skripsi Sarjana | en_US |
Appears in Collections: | SP - Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
148600109 - Khusnul Khotimah Srg - Fulltext.pdf | fulltext | 2.95 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.