Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10799
Title: Pengaruh Permainan Balok Angka terhadap Kemampuan Berhitung pada Anak TK B Bustaan Nur
Authors: Qholisya, Nur
metadata.dc.contributor.advisor: Siregar, Mulia
Keywords: kemampuan berhitung;balok angka
Issue Date: 13-Apr-2019
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;148600354
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Pretest-Postets Control Grup Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan balok angka terhadap kemampuan berhitung anak pada TK B Bustaan Nur. Aspek yang mendukung kemampuan berhitung pada siswa diantaranya mengenal konsep bilangan, mengenal perbandingan, mengelompokkan, dan memahami konsep pola. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan total sampling, yakni dengan melibatkan seluruh siswa TK B berjumlah 30 orang siswa. Sampel dibagi 2 kelompok, yakni kelompok kontrol 15 orang siswa dan kelompok eksperimen 15 orang siswa. Kemampuan berhitung kelas kontrol pada mata pelajaran berhitung dan tidak diberikan permainan balok angka diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 58.67 dan didapat nilai rata-rata posttest sebesar 71.33. Kemampuan berhitung kelas eksperimen pada mata pelajaran berhitung dan menggunakan model permainan balok angka diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 57.33 dan didapat nilai rata-rata posttest sebesar 78.67. Ada pengaruh permainan balok angka terhadap kemampuan berhitung anak TK B Bustaan Nur Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t, yaitu satu pihak dengan taraf signifikan 5%. Uji t satu pihak dimana harga thitung yang diperoleh adalah 2,425 dan data tabel diketahui 1.753. Maka, kriteria pengujian data diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,425 > 1.753 artinya Ha diterima.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10799
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
148600354 - Nur Qholisya - Fulltext.pdffulltext1.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.