Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10992
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorChandra, Andy-
dc.contributor.advisorAlfita, Laili-
dc.contributor.authorSimanullang, Agustinus-
dc.date.accessioned2019-11-06T02:41:05Z-
dc.date.available2019-11-06T02:41:05Z-
dc.date.issued2019-07-29-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10992-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor motivasi belajar pada mahasiswa yang bekerja di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Motivasi belajar adalah daya penggerak seseorang yang dapat berasal dari dalam maupun luar dirinya yang menyebabkan mereka bertindak secara nyata untuk belajar agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 69 mahasiswa yang bekerja. Skala penelitian menggunakan metode skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif (persentase faktor). Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kondisi lingkungan mahasiswa paling mempengaruhi sebesar 18.08 persen, kemudian faktor kemampuan mahasiswa sebesar 17,62 persen, kemudian faktor cita-cita/ aspirasi belajar sebesar 17,45 persen, kemudian faktor unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran sebesar 16,63 persen, kemudian faktor kondisi mahasiswa sebesar 15,75 persen dan faktor yang terendah adalah faktor upaya pengajar mengelola kelas sebesar 14,47 persen. Oleh karena itu berdasarkan analisis deskriptif maka faktor-faktor motivasi belajar yang paling mempengaruhi adalah faktor kondisi lingkungan mahasiswa dan yang terendah adalah faktor upaya pengajar mengelola kelas.en_US
dc.description.abstractThis study aims to determine the factors of learning motivation in students who work at the Faculty of Psychology, University of Medan Area. Learning motivation is the driving force of someone who can come from inside and outside themselves that causes them to act in a real way to learn in order to achieve the expected learning goals. This research uses a quantitative approach. The research sample consisted of 69 working students. The research scale uses the Likert scale method. The analysis technique used is descriptive analysis technique (percentage of factors). Based on the analysis results it is known that the environmental conditions of students most influence by 18.08 percent, then the ability factor of students amounted to 17.62 percent, then the ideals / aspirations of learning by 17.45 percent, then the factors of dynamic elements in learning and learning by 16,63 percent, then the student condition factor of 15.75 percent and the lowest factor was the teacher's effort to manage the class by 14.47 percent. Therefore based on descriptive analysis, the factors that influence learning motivation are the most influential factors of student environmental conditions and the lowest factor is the effort of teachers to manage class.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;128600208-
dc.subjectmotivasi belajaren_US
dc.subjectmahasiswaen_US
dc.subjectbekerjaen_US
dc.subjectlearning motivationen_US
dc.subjectstudentsen_US
dc.subjectworken_US
dc.titleStudi Identifikasi Faktor-Faktor Motivasi Belajar pada Mahasiswa yang Bekerja di Fakultas Psikologi Universitas Medan Areaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
128600208 - Agustinus Simanulung - Fulltext.pdfFulltext2.01 MBAdobe PDFView/Open
128600208 - Agustinus Simanulung - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV623.64 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.