Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11139
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHasibuan, Effiati Juliana-
dc.contributor.advisorNovri-
dc.contributor.authorNurdiansyah, Rahmad-
dc.date.accessioned2019-11-22T02:59:08Z-
dc.date.available2019-11-22T02:59:08Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11139-
dc.descriptionPendidikan bertujuan membentuk karakter anak sebagai generasi penerus menjadi individu yang bertingkah laku baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras dan menjadi warga negara yang baik, pada proses pendidikan terdapat komunikasi, dibutuhkan strategi komunikasi agar pesan yang disampaikan dapat mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi guru dalam menerapkan pendidikan karakter terhadap siswa kelas ix fullday di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi lapangan, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dimaksudkan untuk memberi gambaran pada pengalaman dan pengetahuan dari objek penelitian melalui data yang diperoleh dari fakta di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi guru dalam menerapkan pendidikan karakter bertauhid, sopan dan santun serta kedisiplinan terhadap siswa kelas ix fullday di SMP Muhammadiyah 7 Medan dengan memperhatikan kredibilitas dan manajemen komunikator, menggunakan teknik informasi, persuasi dan instruksi dalam menyampaikan pesan, media sebagai alat pendukung pesan, menimbulkan pengaruh efek kognitif, afektif dan konatif. Strategi komunikasi guru yang diterapkan mendekati dengan teori strategi komunikasi Middleton.en_US
dc.description.abstractEducation aims to shape the character of children as the next generation into individuals who behave well, honestly, responsibly, respect the rights of others, work hard and be good citizens, in the education process there is communication, communication strategies are needed so that the message conveyed can be easily understood by students. This study aims to determine the communication strategies of teachers in implementing character education to students in the sixth grade in Muhammadiyah 7 Middle School Medan. Data collection is done by field observation techniques, interviews, documentation and literature study. The method used in this research is descriptive qualitative intended to illustrate the experience and knowledge of the object of research through data obtained from facts at the research location. The results of the study indicate that the teacher's communication strategy in implementing tauhid, polite and polite character education and discipline towards class students ix full day in SMP Muhammadiyah 7 Medan by paying attention to the credibility and management of communicators, using information techniques, persuasion and instructions in conveying messages, the media as a means of supporting messages, influencing cognitive, affective and conative effects. The teacher communication strategy applied is close to Middleton's communication strategy theory.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;148530025-
dc.subjectteacher communication strategyen_US
dc.subjectcharacter educationen_US
dc.subjectstrategi komunikasi guruen_US
dc.subjectpendidikan karakteren_US
dc.titleStrategi Komunikasi Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Kelas IX Fullday Di SMP Muhammadiyah 7 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
148530025 - Rahmad Nurdiansyah - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.18 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
148530025 - Rahmad Nurdiansyah - Fulltext.pdfFulltext2.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.