Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11149
Title: Citra BASARNAS Medan Dalam Pencarian dan Pertolongan Korban Tenggelamnya Kapal Sinar Bangun pada Keluarga Korban di Kecamatan Simanindo
Authors: Siringo-ringo, Minar Mawati
metadata.dc.contributor.advisor: Barus, Rehia K.I
Hidayat, Taufik Wal
Keywords: citra basarnas medan;pencairan dan pertolongan;hubungan masyarakat;image basarnas medan;search and rescue;public relations
Issue Date: 26-Jun-2019
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;158530036
Abstract: The image is the main objective as well as the achievements and achievements achieved by the institution or company in public relations. The image can reflect a collection of impressions, beliefs, and attitudes that exist in the minds of the community, arising from the quality of service institutions to the community. Many services are carried out by several institutions or governments that do not involve the public who want research conducted to improve good or bad Medan Basarnas in the search and rescue services of Sinar Bangun Ships victims to the Victim's family in Simanindo Subdistrict which is the subject of this research. Through qualitative research, research data obtained through in-depth interviews and literature review, can be accessed by Medan Basarnas less well in the eyes of the victims 'families that can be accessed through assessments, beliefs, and attitudes of victims' families in Simanindo District. Based on the analysis conducted on interviews conducted by the victims' families, they were not satisfied with the services carried out by Basarnas in the search and rescue of satisfied victims of the Sinar Bangun Ship. The condition of this image crisis cannot be left out because it will have an impact on the achievement of Basarnas institutions. Based on the results of research conducted accountability is still carried out by Basarnas in search and assistance through direct assistance, by finding found signs of victims of the Sinar Bangunnas Ship will immediately jump into the search and rescue process again. This is done through community relations to overcome the impressions, beliefs and attitudes that are not good for the victim's family. In addition, Basar nas needs to consider Basarnas Public Relations in every service they do so that the image of the Basarnas can be handled properly
Description: Citra adalah tujuan utama sekaligus merupakan reputasi dan prestasi yang hendak dicapai oleh lembaga atau perusahaan dalam hubungan masyarakat. Citra dapat menggambarkan sekumpulan kesan, kepercayaan,dan sikap yang ada di benak masyarakat, yang timbul atas kualitas pelayanan lembaga terhadap masyarakat.banyak pelayanan yang dilakukan oleh beberapa lembaga atau instansi pemerintah yang tidak meninggalkan kesan yang baik pada masyarakat sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran baik atau buruk Basarnas Medan dalam pelayanan pencarian dan pertolongan korban Kapal Sinar Bangun pada keluarga korban di Kecamatan Simanindo yang merupakan subjek penelitian ini. Melalui pendekatan kualitatif, data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dan kajian pustaka, maka dapat diketahui bahwa citra atau gambaran Basarnas Medan kurang baik dimata keluarga korban yang dapat diukur melalui kesan, kepercayaan, dan sikap keluarga korban yang berada di Kecamatan Simanindo. Berdasarkan analisis yang dilakukan atas wawancara mendalam kebanyakan keluarga korban merasa tidak puas dengan pelayanan yang dilakukan Basarnas dalam pencarian dan pertolongan korban tenggelamnya Kapal Sinar Bangun. Kondisi krisis citra ini tidak baik dibiarkan berlalu begitu saja, karena akan berdampak terhadap reputasi lembaga Basarnas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pertanggung jawaban masih terus dilakukan oleh Basarnas dalam pencarian dan pertolongan melalui pemantauan secara tidak langsung, dengan apabila menemukan tanda-tanda korban Kapal Sinar Bangun Basarnas akan langsung terjun melakukan proses pencarian dan pertolongan kembali. Hal ini dilakukan melalui hubungan masyarakat untuk menanggulangi kesan,kepercayaan dan sikap yang kurang baik pada keluarga korban. selain itu Basarnas sebaiknya melibatkan Humas Basarnas dalam setiap pelayanan apapun yang dilakukan sehingga citra lembaga Basarnas dapat terjaga dengan baik
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11149
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
158530036 - Minar Mawati Siringo-Ringo - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.27 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
158530036 - Minar Mawati Siringo-Ringo - Fulltext.pdfFulltext5.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.