Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11196
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorPurba, Anna Wati Dewi-
dc.contributor.advisorChandra, Andy-
dc.contributor.authorAvliani, Yelchi-
dc.date.accessioned2019-11-27T08:56:19Z-
dc.date.available2019-11-27T08:56:19Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/11196-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi ditinjau dari status ekonomi orang tua di Desa Hasinggaan. Sejalan dengan pembahasan yang ada dalam landasan teori, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan status ekonomi terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Dengan asumsi status ekonomi tinggi memiliki minat melanjutkan studi yang lebih tinggi dari pada siswa dengan pendapatan orang tua rendah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berasal dari Desa Hasinggaan sebanyak 84 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 55 siswa kelas XII SMA. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala minat. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dilakukan dengan menggunakan teknik Analisis Varians 1 Jalur. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan antara minat siswa siswa yang pendapatan rendah, menengah dan tinggi. Hasil ini diketahui dengan melihat nilai atau koefisen perbedaan anava dengan koefisien F = 50,933 dengan P = 0.000 < 0,050. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan berupa ada perbedaan minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi ditinjau dari status ekonomi orang tua. Saran kepada sekolah Agar minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang tinggi dapat tercapai maka diharapkan pihak sekolah juga harus memberikan arahan atau sosialisasi mengenai perguruan tinggi sehingga menumbuhkan ketertarikan pada siswa terhadap perguruan tinggi, maka akan timbul rasa dari dalam diri siswa terhadap perguruan tinggi yang pada akhirnya akan meningkatkan minat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa. Saran kepada orang tua, setelah diketahui bahwa pendapatan orang tua memiliki pengaruh terhadao tinggi rendahnya minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa, maka orang tua diharapkan dapat memberikan dukungan baik moril naupun materiil dalam rangka menumbuhkan minat melanjutkan studi bagi siswa. Saran peneliti adalah setiap siswa, agar lebih giat dan serius dalam belajar agar mendapatkan hasil yang optimal dan terus meningkatkan kemampuan untuk mendapatkan nilai yang tinggi hal ini akan berdampak pada prestasi siswa yang secara langsung dapat memudahkan siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan juga mendapatkan beasiswa baik beasiswa bidik misi maupun beasiswa prestasi.en_US
dc.description.abstractThis study aims to look at differences in students' interest in continuing their studies to college in terms of the economic status of parents in Hasinggaan Village. In line with the discussion in the theoretical basis, the hypothesis proposed in this study is that there are differences in economic status with the interest of students to continue their studies at tertiary institutions. Assuming high economic status has an interest in continuing higher studies than students with low parental income. The population of this study was 84 students of class XII from Hasinggaan Village. The sample in this study were 55 high school students in class XII. The scale used in this study is the scale of interest. To test the proposed hypothesis, it is carried out using the 1 Path Variance Analysis technique. Based on the results of data analysis, the results show that there are differences between the interests of students with low, middle and high income students. These results are known by looking at the value or coefficient of anava difference with the coefficient F = 50.933 with P = 0.000 <0.050. This means that the hypothesis put forward in the form of differences in students' interest in continuing their studies to college in terms of the economic status of parents. Suggestions for schools In order for the interest in continuing their studies to tertiary institutions to be attained, it is expected that the school must also provide direction or socialization about tertiary institutions so as to foster interest in students towards tertiary institutions, there will be a sense of inner students towards tertiary institutions which will ultimately will increase interest in continuing studies to college in students. Suggestions to parents, after it is known that parental income has an influence on the high or low interest in continuing studies to college in students, then parents are expected to provide both moral and material support in order to foster interest in continuing studies for students. Researcher's suggestion is for each student, to be more active and serious in learning in order to get optimal results and continue to improve the ability to get high grades, this will have an impact on student achievement that can directly facilitate students to continue to college and also get good scholarships Bidik Misi scholarship and achievement scholarship.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;148600295-
dc.subjectminaten_US
dc.subjectsiswaen_US
dc.subjectstatus ekonomien_US
dc.subjectinteresten_US
dc.subjectstudentsen_US
dc.subjecteconomic statusen_US
dc.titlePerbedaan Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Status Ekonomi Orang Tua Di Desa Hasinggaanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
148600295 - Yelchi Avliani - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, Bibliography5.73 MBAdobe PDFView/Open
148600295 - Yelchi Avliani - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.