Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11252
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHermanto, Edi-
dc.contributor.advisorRkt, Nuril Mahda-
dc.contributor.authorMendrofa, Sabar Tulus Parningotan-
dc.date.accessioned2019-12-02T04:14:57Z-
dc.date.available2019-12-02T04:14:57Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11252-
dc.descriptionPerkembangan peradaban manusia telah mengalami kemajuan yang sangat signifikan sejak seribu tahun terakhir, termasuk juga sektor transportasi. Kegiatan manusia didalam memenuhi kebutuhan hidupnya terkadang harus menyebabkan melakukan mobilisasi, oleh karena itu dibutuhkan sarana yang mendukung kegiatan mobilisasi tersebut. Seperti yang telah diketahui bersama, tanah adalah suatu material pendukung konstruksi jalan yang tersusun dari tiga bahan, yaitu butiran, air dan udara (Craig.F.R, Susilo Budi S “Mekanika Tanah Edisi 4, 1987) sehingga diperlukan suatu perhitungan matematis didalam mencari nilai daya dukungnya. Susunan ketiga bahan tersebut sangatlah mempengaruhi daya dukung tanah, sehingga perlu melakukan penentuan parameter demi kepentingan analisa. Maksud dari penelitian ini adalah untuk menganalisa nilai California Bearing Ratio (CBR) tanah merah dengan penambahan kapur batu sebagai bahan campuran, mampu untuk menguatkan daya dukung tanah pada lapisan perkerasan tanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penambahan kapur batu pada tanah lempung terhadap nilai California Bearing Ratio (CBR). Adapun penelitian yang dilakukan ini dilakukan dalam 3 variasi 0%, 15%, 30%. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 6,1%; 64%; 83,5%. Dari hasil nilai California Bearing Ratio dapat terlihat bahwa penambahan kapur batu pada tanah lempung menunjukan peningkatan nilai California Bearing Ratio pada tanah merah.en_US
dc.description.abstractThe development of human civilization has experienced significant progress since the last thousand years, including the transportation sector. Human activities in fulfilling their daily needs must sometimes lead to mobilization, because of that the facilities needed to support these mobilization activities are needed. As has been known together, land is a supporting material for road construction which is composed of three materials, namely granules, water and air (Craig.FR, Susilo Budi S "Soil Mechanics Edition 4, 1987) so that a mathematical calculation is needed in finding the value of power support it. The arrangement of the three materials greatly affects the carrying capacity of the soil, so it is necessary to determine parameters for the sake of analysis. The purpose of this research is to analyze the value of California Bearing Ratio (CBR) of red soil with the addition of stone lime as a mixture material, able to strengthen the carrying capacity of the soil in the soil pavement layer. The purpose of this study was to determine how much influence the addition of stone lime on clay to the value of California Bearing Ratio (CBR). The research conducted is carried out in 3 variations of 0%, 15%, 30%. The results of this study are as follows: 6,1%; 64%; 83,5%. From the results of the California Bearing Ratio, it can be seen that the addition of stone lime to clay shows an increase in the value of California Bearing Ratio on red soils.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;128110026-
dc.subjecttanah merahen_US
dc.subjectcalifornia bearing ratioen_US
dc.subjectkapur batuen_US
dc.subjectstone limeen_US
dc.subjectred soilsen_US
dc.titlePengaruh Penambahan Kapur Batu Pada Tanah Merah Terhadap Nilai California Bearing Ratioen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
128110026 - Sabar Tulus Parningotan Mendrofa - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, Bibliography3.85 MBAdobe PDFView/Open
128110026 - Sabar Tulus Parningotan Mendrofa - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV737.14 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.