Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11576
Title: Segmentasi Pasar Konsumen Keripik Pisang Hijrah
Authors: Karim, Muhammad
metadata.dc.contributor.advisor: Astuti, Retna
Siregar, Rahma Sari
Keywords: segmentation;market;banana chips;segmentasi;pasar;eripik pisang
Issue Date: 12-Aug-2019
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;158220067
Abstract: This study aims to describe and analyze the market segmentation of hijrah banana chips in the city of Medan. The analytical method uses descriptive analysis method. The sampling technique uses the census method. The data used in this study are primary and secondary data. Data collection techniques through interviews using questionnaires. The results showed: (1) Consumer market segmentation of hijrah banana chips based on demographics was dominated by female consumers by 88.54%, aged between 15-22 years by 81.25%, marital status by 95.83%, number of family members between 3-5 people amounted to 56.25%, the level of college education amounted to 81.25%, the status of students was 70.83%, monthly income was between <Rp. 3,000,000 at 89.58%, expenses <Rp. 3,000,000 in the amount of 94.82%. (2) Market segmentation of consumers of hijrah banana chips based on the geography of consumers of banana chips in Medan city that where consumers live with business locations do not influence purchasing decisions because marketing of hijrah banana chips is done online. (3) Consumer market segmentation of hijrah banana chips based on 100% behavior states consumers of hijrah banana chips strongly recommend products for consumption, because they have permission and cleanliness of hijrah banana products. (4) Consumer market segmentation of hijrah based banana chips based on the largest psychological indicators of personality statement consumers prefer product innovation with a variety of flavors by 100%.
Description: Tanaman pisang merupakan salah satu kekayaan alam asli Asia Tenggara. Pada umumnya tanaman pisang tumbuh secara sendirinya secara liar. Pisang merupakan jenis buah yang tidak mengenal musim. Dengan kemampuan hidupnya yang tinggi dan perkembangbiakannya yang tergolong cepat menyebabkan ketersediaan buah pisang melimpah ruah dengan berbagai jenis. Muncul sebuah inovasi produk pertanian yaitu keripik pisang hijrah yang menjadi sebuah usaha rumahan dengan bahan dasar utamanya adalah pisang kepok. Keripik pisang hijrah adalah sebuah usaha yang sangat baru dan berdiri kurang dari satu tahun namun usaha keripik pisang hijrah sudah memiliki konsumen diberbagai daerah diluar kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis segmentasi pasar keripik pisang hijrah di kota Medan. Metode analisis menggunakan metode analisis deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakkan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Segmentasi pasar konsumen keripik pisang hijrah berdasarkan demografi adalah dengan jenis kelamin perempuan sebanyak 88,54%, berusia antara 15 – 22 tahun sebanyak 81,25%, dengan status pernikahan belum menikah sebesar 95,83%, jumlah anggota keluarga antara 3-5 orang dengan jumlah 56,25, dengan tingkat pendidikan perguruan tinggi sebanyak 81,25%, berstatus sebagai pelajar/mahasiswa sebesar 70,83% dengan pendapatan perbulan antara < Rp. 3.000.000 sebesar 89,58% dengan pengeluaran sebesar < Rp. 3.000.000 sebesar 94,82%. (2) Segmentasi pasar konsumen keripik pisang hijrah berdasarkan Geografi konsumen keripik pisang di kota medan bahwa tempat tinggal konsumen dengan lokasi usaha tidak mempengaruhi keputusan dalam membeli keripik pisang hijrah dikarenakan pemasaran keripik pisang hijrah dilakukan secara online. (3) Segmentasi pasar konsumen keripik pisang hijrah berdasarkan tingkah laku sebesar 100% menyatakan bahwa konsumen keripik pisang hijrah sangat merekomendasikan produk untuk dikonsumsi serta izin dan kebersihan produk pisang hijrah. (4) Segmentasi pasar konsumen keripik pisang hijrah berdasarkan psikogarfi terbesar pada indikator kepribadian pada pernyataan konsumen lebih memilih inovasi produk dengan persentasi sebesar 100%.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11576
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
158220067 - Muhammad Karim - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, Biblioghraphy2.22 MBAdobe PDFView/Open
158220067 - Muhammad Karim - Chapter IV 1.pdfChapter IV627.42 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.