Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11709
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMenanti, Asih-
dc.contributor.advisorLubis, Rajab-
dc.contributor.authorSigiro, Elisabeth Lindawati-
dc.date.accessioned2020-02-28T01:37:53Z-
dc.date.available2020-02-28T01:37:53Z-
dc.date.issued2018-09-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11709-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui Pengaruh interaksi sosial terhadap pertimbangan moral siswa; (2) untuk mengetahui pengaruh peran gender perempuan terhadap pertimbangan moral siswa; (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial dan peran gender perempuan terhadap pertimbangan moral siswa. Populasi dalam penelitian ini kelas XI SMAN 12 Medan berjumlah 344 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 135 siswa perempuan SMA Negeri 12 Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala interaksi sosial, skala peran gender perempuan dan Defining Issues Test. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak ada pengaruh signifikan interaksi sosial terhadap pertimbangan moral yang ditunjukkan oleh nilai koefisien (rx1.y) = 0.077 dengan p = 0.373 > 0.050, artinya tidak ada pengaruh signifikan interaksi sosial terhadap pertimbangan moral; (2) Tidak ada pengaruh signifikan peran gender perempuan terhadap pertimbangan moral yang ditunjukkan oleh nilai koefisien (rx2.y) = 0.028 dengan p = 0.746 > 0.050; (3) Tidak ada pengaruh signifikan interaksi sosial dan peran gender perempuan terhadap pertimbangan moral yang dilihat dari nilai koefisien linieritas (rx1.x2.y) = 0.087 dengan p = 0.608 > 0.050. Persentase kontribusi dari interaksi sosial dan peran gender perempuan 0,8%. Ini mengartikan bahwa 99,2 % dipengaruhi oleh variabel yang tidak disebut dalam penelitian ini.en_US
dc.description.abstractThe study aims (1) to determine the effect of social interaction on students’ moral judgment; (2) to determine the effect of gender role as woman on students’ moral judgment; (3) to determine the effect of social interaction and gender role as woman on students’ moral judgment. The population of this study are students of class XI SMAN 12 Medan amounted to 344 students. The study sample consisted of 135 students, especially woman who were selected using quantitative research and the proportionate stratified random sampling technique. Collected using the moral judgment scale used is Defining Issues Test (DIT), social interaction scale, gender role as woman scale. Data were analyzed using multiple regression analysis. The results show that (1) there is no significant effect of social interactionon students’ moral judgment which is indicated by the coefficients rx1.y = 0.077and p = 0.373> 0.05, It means there is no effect of social interactiononstudents’ moral judgment;(2) there is no significant effect of gender role as womanon students’ moral judgment which is indicated by the coefficientsrx2.y = 0.028and p = 0.746> 0.05;(3) there is no significant effect of social interaction and gender role as womanonstudents’ moral judgmentwhich is indicated by the coefficients rx1.x2.y = 0.087and p = 0.608 > 0.05. The percentage of contributions given by social interaction and gender role as woman is 0,8 %. The remaining 99,2 % is influenced by other variables not examined in this study.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;16118040011-
dc.subjectsocial interactionen_US
dc.subjectgender roleen_US
dc.subjectmoral judgmenten_US
dc.subjectnteraksi sosialen_US
dc.subjectperan gender perempuanen_US
dc.subjectpertimbangan moralen_US
dc.titlePengaruh Interaksi Sosial dan Peran Gender Terhadap Pertimbangaan Moral Siswa SMS Negeri 12 Medanen_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
161804011 - Elisabeth - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, Biblioghraphy1.01 MBAdobe PDFView/Open
161804011 - Elisabeth - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV257.37 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.