Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11714
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNur'aini-
dc.contributor.advisorMilfayetty, Sri-
dc.contributor.authorHarianja, Parminauli-
dc.date.accessioned2020-02-28T02:02:35Z-
dc.date.available2020-02-28T02:02:35Z-
dc.date.issued2018-10-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11714-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-control dan manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik siswa SMP Swasta Santo Thomas 1 Medan, dengan populasi berjumlah 757 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 151 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket model Skala Likert. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga skala yang terdiri dari skala self-control, manajemen waktu dan prokrastinasi akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Berganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Ada hubungan negatif yang signifikan antara self-control dengan prokrastinasi akademik siswa dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) sebesar -0,301 dengan p = 0,000, dan r2 = 0,090 dengan kontribusi sebesar 9%. 2) Ada hubungan negatif yang signifikan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik siswa dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) sebesar -0,313 dengan p = 0,000, dan r2 = 0,097 dengan kontribusi sebesar 9,7%. 3) Ada hubungan negatif yang signifikan antara self-control dan manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik siswa, hasil ini ditunjukkan dengan nilai koefisien linieritas F = 14,704 dan p = 0,000, p < 0,05 dan r2 = 0,254, dengan kontribusi sebesar 25,4%. Hasil ini menunjukkan bahwa masih terdapat 74,6 % sumbangan dari faktor lain yang dapat mempengaruhi prokrastinasi akademik. Dari hasil ini dapat dikatakan bahwa semakin tinggi self-control dan manajemen waktu, semakin rendah prokrastinasi akademik, dan sebaliknya semakin rendah self-control dan manajemen waktu, semakin tinggi prokrastinasi akademik.en_US
dc.description.abstractThe goal of this research is to find out the correlation between self-control and time management with academic procrastination of Saint Thomas 1, Junior High School of Medan’s students (SMP Swasta Santo Thomas 1 Medan) with the population of 757 students. The sample of this research is 151 students. The method used in this research is quantitative method with probability technique sampling. The instrument used is Likert Scale questionnaire model. Data gathering technic using three scale data: self-control, time management and academic procrastination. Data analysis using multiple regression analysis. Based on the result of the research, therefore the conclusion are: 1) There is a significant negative correlation between self-control and academic procrastination with the value of coefficient correlation (rx1y) of -0.301, p = 0.000 (p <0,005), with r2 = 0.90 with contribution of 9%. 2) There is significant negative correlation between time management with academic procrastination with the value of coefficient correlation (rx2y) of -0.313, p = 0.000 (p < 0.005 and r2 = 0.97, with contribution of 9.7%. 3) There is a significant negative correlation between self-control and time management with academic procrastination, this result is indicated by linearity coefficient F = 14.704 and p = 0.000 (p < 0.005) and r2 = 0.254, with contribution of 25.4%. This indicates that there is 74,6% of other factors that can affect the academic procrastination. From this result can be concluded that the higher self-control and time management of the students, the lower the academic procrastination is and the lower self-control and time management, the higher the academic procrastination of the students is.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;161804031-
dc.subjectself-controlen_US
dc.subjecttime managementen_US
dc.subjectacademic procrastinationen_US
dc.subjectmanajemen waktuen_US
dc.subjectprokrastinasi akademiken_US
dc.titleHubungan Self-Control dan Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Swasta Santo Thomas 1 Medanen_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
161804031 - Parminauli Harianja - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, Biblioghraphy2.25 MBAdobe PDFView/Open
161804031 - Parminauli Harianja - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV396.9 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.