Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11720
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHasanuddin-
dc.contributor.authorMurad, Abdul-
dc.date.accessioned2020-02-28T02:30:42Z-
dc.date.available2020-02-28T02:30:42Z-
dc.date.issued2018-08-15-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11720-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self esteem dan self disclosure dengan komunikasi interpersonal padasiswa, pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X dan XI MAN Binjai berjumlah 592. Pengambilan sampel secara random sampling berjumlah 85 siswa. Objek penelitian ini terdiri atas tiga variabel terikat adalah komunikasi interpersonal dan variabel bebas adalah self esteem dan self disclosure. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Binjai pada bulan mei 2018. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dalam bentuk skala yang mengacu pada pernyataan seseorang terhadap dirinya sendiri. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah uji regresi berganda. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil terdapat hubungan positif self esteem dan self disclosure dengan komunikasi interpersonal. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien korelasi, dimana rxy: 0,435 ; P : 0,000 < 0,050. Sumbangan efektif untuk self esteem dengan komunikasi interpersonal sebesar 14,8% dan sumbangan efektif self disclosure dengan komunikasi interpersonal sebesar 4,4%, dari hasil perhitungan mean hipotetik dan mean empirik diperoleh self esteem, self disclosure dan komunikasi interpersonal berada pada kategori tinggi. Rekomendasi: Disarankan untuk terus membuka diri dan berkomunikasi dengan guru dan sesama teman.en_US
dc.description.abstractThis study aims to find out the relationship between self-esteem and self-disclosure with interpersonal communication of students, the approach in this study is a quantitative research approach to the type of correlation research. The research subjects were 59 students in grade X and XI MAN Binjai. Random sampling was 85 students. The object of this study consists of three dependent variables are interpersonal communication and the independent variables are self esteem and self disclosure. This research was conducted at MAN Binjai in May 2018. The data collection technique used in this study was to use a questionnaire in the form of a scale that refers to a person's statement to himself. The data analysis technique used to answer the hypothesis of this study is the multiple regression test. Based on the data analysis, the results show that there is a positive relationship between self esteem and self disclosure with interpersonal communication. This result is proven by the correlation coefficient, where rxy: 0.435; P: 0,000 <0.050. Effective contribution to self esteem with interpersonal communication of 14.8% and effective contribution of self disclosure with interpersonal communication of 4.4%, from the calculation of hypothetical mean and empirical mean obtained self esteem, self disclosure and interpersonal communication are in the high category. Recommendations: It is recommended to continue to open up and communicate with teachers and fellow friends.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;161804051-
dc.subjectself esteemen_US
dc.subjectself disclosureen_US
dc.subjectkomunikasi interpersonalen_US
dc.subjectinterpersonal communicationen_US
dc.titleHubungan Self Esteem dan Self Disclosure dengan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri Binjaien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
161804051 - Shinta Tri Anggriyani - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, Biblioghraphy2.01 MBAdobe PDFView/Open
161804051 - Shinta Tri Anggriyani - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV309.32 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.