Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11724
Title: Hubungan Kepercayaan Diri dan Pola Asuh Demokratis dengan Asertivitas Siswa SMK Negeri 1 Pergetteng getteng Sengkut Kabupaten Pakpak Bharat. Magister Psikologi
Authors: Sitakar, Kasmin
metadata.dc.contributor.advisor: Hasanuddin
Nurbani
Keywords: assertiveness;self confidence;democratic parenting;asertivitas;kepercayaan diri;pola asuh demokratis
Issue Date: Aug-2018
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;161804064
Abstract: This study aims to determine the significant relationship between: (1) selfconfidence with assertiveness; (2) democratic parenting with assertiveness; (3) selfconfidence and democratic parenting with assertiveness. The population in this study were all class X students of SMK Negeri 1 Pergetteng getteng Sengkut as many as 572 students with a sample of 140 students. Sampling using proportionate random sampling technique. The questionnaire method is used to collect data about self-confidence, democratic parenting and assertiveness. Data analysis techniques using multiple regression analysis method. Based on data analysis, the results obtained at α = 5% are: (1) there is a significant relationship between confidence with assertiveness where the coefficient rx1y = 0.399 and the determinant coefficient (R2) = 0,159 ; (2) there is a significant relationship between democratic parenting with assertiveness where rx2y = 0.771 and its determinant coefficient (R2) = 594; (3) there is a significant relationship between self-confidence and democratic parenting with assertiveness where rx1x2 = 0.779 and its determinant coefficient (R2) = 0.606. From the results of the calculation of the mean hypothetical and empirical mean obtained self-confidence, parenting and high category assertiveness.
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) kepercayaan diri dengan asertivitas; (2) pola asuh demokratis dengan asertivitas; (3) kepercayaan diri dan pola asuh demokratis dengan asertivitas. Teori yang digunakan dalam “kepercayaan diri“ ini yaitu Lauster (Ardari, 2016), aspek-aspeknya meliputi ambisi normal, kemandirian, optimisme, perasaan aman, dan toleransi. Sedangkan “pola asuh demokratis” menggunakan teori Gunarsa (2010), aspek-aspeknya yaitu: perhatian, pengetahuan, pengertian, sikap menerima, dan penyesuaian. Serta “Asertivitas” menggunakan teori Alberti & Emmons (dalam Al Ain, 2013) adapun aspek-aspeknya adalah bertindak sesuai dengan keinginannya sendiri, mampu mengekspresikan perasaan jujur dan nyaman, mampu mempertahankan diri, mampu menyatakan pendapat dan tidak mengabaikan hak-hak orang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas siswa kelas X SMK Negeri 1 Pergetteng getteng Sengkut sebanyak 572 siswa dengan sampel 140 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik proportionate Random Sampling. Metode kuisioner dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang kepercayaan diri, pola asuh demokratis dan asertivitas. Teknik analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda.Berdasarkan analisi data, hasil penelitian yang diperoleh pada α= 5% adalah: (1) ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan asertivitas dimana koefisien rx1y = 0,399 dan koefisien determinannya (R2) = 0,159; (2) ada hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan asertivitas dimana rx2y = 0,771 dan koefisien determinannya (R2) =0,594; (3) ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dan pola asuh demokratis dengan asertivitas dmana rx1x2 = 0,779 dan koefisien determinannya (R2) =0,606. Dari hasil perhitungan mean hipotetik dan mean empirik diperoleh kepercayaan diri, pola asuh dan asertivitas kategori tinggi.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11724
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
161804064 - Kasmin - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, Biblioghraphy888.49 kBAdobe PDFView/Open
161804064 - Kasmin - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV241.32 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.