Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11725
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMenanti, Asih-
dc.contributor.advisorLubis, Rajab-
dc.contributor.authorSinaga, Jontrianto-
dc.date.accessioned2020-03-02T02:12:31Z-
dc.date.available2020-03-02T02:12:31Z-
dc.date.issued2018-09-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11725-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi terhadap pertimbangan moral (2) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap terhadap pertimbangan moral (3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap pertimbangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 12 Medan berjumlah 344 siswa. Sampel penelitian berjumlah 105 siswa yang dipilih dengan teknik proportionate stratified random sampling. Dikumpulkan menggunakan Skala Pertimbangan Moral yang digunakan adalah Definising Issues Test ( DIT ), Skala Pola Asuh Orang Tua Demokrasi, dan Skala Kecerdasan Emosi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi. Hasil menunjukkan (1) tidak terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap pertimbangan moral siswa, yang ditunjuk oleh koefisien rx1y = 0.448 dan p > 0.05 ; (2) tidak terdapat pengaruh kecerdasan emosi terhadap pertimbangan moral siswa, yang ditunjuk oleh koefisien rx1y = 0.161 dan p > 0,05 ; (3) tidak terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi dengan pertimbangan moral siswa, yang ditunjuk oleh koefisien F = 1.243 dan R = 0.154 sedangkan R² = 0.024 dengan p > 0.05. Persentasi sumbangan yang diberikan oleh pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi terhadap pertimbangan moral sebesar 24 %. Sisanya sebesar 76 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian inien_US
dc.description.abstractThis study aims to (1) determine the effect of parenting style and emotional intelligence with moral judgment (2) to determine the effect of parenting style with moral judgment (3) to determine the effect of emotional intelligence with moral jugdment. The pupulation of this study are students of class XI SMAN 12 Medan amounted to 344 students. The study sample consisted of 105 students who were selected using the proportionate stratified random sampling technique. Collected using the Moral Judgment Scale used is Definising Issues Test (DIT), Scale of Democracy Parenting style, and Emotional Intelligence Scale. Data were analyzed using regression analysis techniques. The results show (1) there is no effect of parenting style on students' moral judgment, which is indicated by the coefficients rx1y = 0.448 and p > 0.05 ; (2) there is no effect of emotional intelligence on students' moral jdugment, which is indicated by the coefficients rx1y = 0.161 and p > 0.05 ; (3) there is no effect of parenting style and emotional intelligence with students' moral judgment, which is indicated by the coefficients F = 1.243 and R = 0.154 while R² = 0.024 with p > 0.05. The percentage of contributions given by parenting style and emotional intelligence towards moral judgment is 24 %. The remaining 76 % is influenced by other variables not examined in this studyen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;161804071-
dc.subjectparenting styleen_US
dc.subjectemotional intellegenceen_US
dc.subjectmoral judgmenten_US
dc.subjectpola asuhen_US
dc.subjectkecerdasan emosien_US
dc.subjectpertimbangan moralen_US
dc.titlePengaruh Pola Asuh Demokrasi dan Kecerdasan Emosi Terhadap Pertimbangan Moral Siswa SMA Negeri 12 Medanen_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
161804071 - Jontrianto Sinaga - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, Biblioghraphy1.04 MBAdobe PDFView/Open
161804071 - Jontrianto Sinaga - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV450.62 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.