Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11731
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNur'aini-
dc.contributor.advisorSurbakti, Amanah-
dc.contributor.authorTarigan, Delvi Zahara-
dc.date.accessioned2020-03-03T02:50:37Z-
dc.date.available2020-03-03T02:50:37Z-
dc.date.issued2018-08-24-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11731-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perilaku Prososial siswa yangdiberikan melalui layanan konseling kelompok yaitu teknik sosiodrama dan teknik homeroom yang dilihat melalui kepribadian siswa yaitu kepribadian ekstrovert dan kepribadian introvert. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan sebanyak 40 orang yang terdiri dari dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelompok eksperimen diterapkan KKp Teknik Sosiodrama sebanyak 20 orang dan kelas kedua sebagai kelompok kontrolditerapkan KKp Teknik Homeroom sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan dalampenelitian ini yaitu kuesioner Kepribadian dan Perilaku Prososial. Data dianalisismenggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukan yang pertama ialah adanya pengaruh Konseling Kelompok terhadap peningkatan perilaku prososial siswa terdapat peningkatan nilai signifikan yang ditunjukkan oleh 0,000 < 0,005 maka dapat dikatakan bahwa hasil pengujian hipotesis menolak H0 atau menerima Ha dalam taraf alpha 5%, yang kedua ada pengaruh Kepribadian terhadap peningkatan perilaku prososial siswa. terdapat peningkatan nilai signifikan terhadap perilaku prososial yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,003<0,005 maka dapat dikatakan bahwa hasil pengujian hipotesis menolak H0 atau menerima Ha dalam taraf alpha 5% yang artinya ada pengaruh kepribadian terhaap perilaku prososial siswa, dan yang ketiga adanya interaksi terhadap konseling kelompok dan kepribadian yang berpengaruh pada signifikan terhadap prososial yang ditunjukkan oleh 0,015 < 005. Maka dapat dikatakan bahwa hasil pengujian hipotesis menolak H0 atau menerima Ha dalam taraf 5% .en_US
dc.description.abstractThis study aims to determine the improvement of students' Prosocial behaviorgiven through group counseling services namely sociodrama techniques and homeroom techniques that are seen through students' personalities, namely extroverted personality and introverted personality. This research is a quasiexperimental study with factorial 2x2 design. The subjects of this study were 40th grade students of SMA Negeri 11 Medanfrom two classes, where the first class as an experimental group is appliedThe Sociodrama Technique KKp is 20 people and the second class is the control group applied by Homeroom Technique KKp as many as 20 people. The instrument used inthis study is a questionnaire on Personality and Prosocial Behavior. Data analyzed using two-way ANAVA with a significant level of 0.05. The results showed that the first is the influence of Group Counseling on improving prosocial behavior of students there is an increase in the significant value shown by 0.000 <0.005 it can be said that the results of testing the hypothesis reject H0 or accept Ha in the alpha level of 5%, the second there is the influence of Personality on improvement student prosocial behavior. there is a significant increase in the value of prosocial behavior indicated by the significance value of 0.003 <0.005, it can be said that the results of testing the hypothesis reject H0 or accept Ha in the alpha level of 5%, which means that there is an influence of personality on the prosocial behavior of students, and the third is the interaction of group counseling and personality that influences the prosocial significance shown by 0.015 <005. So it can be said that the results of testing the hypothesis reject H0 or accept Ha in the level of 5%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;161804094-
dc.subjectcounseling groupen_US
dc.subjectsociodrama teechnicalen_US
dc.subjecthomeroom techniqueen_US
dc.subjectpersonalityand prosocialen_US
dc.subjectkonseling kelompoken_US
dc.subjectteknik sosiodramaen_US
dc.subjectteknik homeroomen_US
dc.subjectkepribadiandan prososialen_US
dc.titlePengaruh Konseling Kelompok dan Kepribadian Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Siswa SMA Negeri 11 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
161804094 - DELVI ZAHAR - FUlltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, Biblioghraphy1.79 MBAdobe PDFView/Open
161804094 - DELVI ZAHAR - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV522.07 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.