Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11815
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHasnudi-
dc.contributor.advisorSembiring, Rasmulia-
dc.contributor.authorIrham, Fahrizal-
dc.date.accessioned2020-04-06T03:40:28Z-
dc.date.available2020-04-06T03:40:28Z-
dc.date.issued2017-11-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11815-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis saluran pemasaran, margin pemasaran, tingkat bagian peternak, efisiensi pemasaran dan strategi pemasaran sapi di Kabupaten Batubara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - Juni 2017. Lokasi penelitian dipilih secara purposive sampling dan dilakukan di 3 (tiga) kecamatan yaitu Kecamatan Lima Puluh, Sei Suka, dan Medang Deras. Responden penelitian diambil secara classified random sampling yaitu sebanyak 85 orang peternak sapi, dan sampel pedagang dipilih secara snowball ball sampling yaitu sebanyak 11 orang pedagang pengumpul lokal dan 2 orang pedagang besar. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat saluran pemasaran yang melibatkan peternak, agen pengumpul lokal, pedagang besar, jagal, dan pedagang luar daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 saluran yang terbentuk dari lembaga pemasaran yaitu saluran pemasaran I (peternak – agen pengumpul lokal – pedagang besar - jagal), saluran pemasaran II (peternak – agen pengumpul lokal peternak), saluran pemasaran III (peternak – agen pengumpul lokal - pedagang luar daerah) dan saluran pemasaran IV (peternak – konsumen/jagal). Margin pemasaran tertinggi terdapat pada saluran I yaitu sebesar Rp.2.368.501/ekor, dan yang paling rendah terdapat pada saluran pemasaran IV yaitu sebesar Rp.0. Bagian yang diterima peternak tertinggi terjadi pada saluran pemasaran IV sebesar 100% dan yang paling rendah terjadi pada saluran pemasaran I sebesar 85,99%. Saluran pemasaran IV merupakan saluran yang paling efisien dilihat dari hasil penghitungan indeks efisiensi yaitu sebesar 0%. Berdasarkan analisis dari faktor internal dan eksternal diperoleh 3 strategi pemasaran sapi di Kabupaten Batubara yaitu dengan (1) Meningkatkan produksi sapi dan memperluas pemasaran sapi untuk memenuhi kebutuhan konsumen, (2) Meningkatkan kualitas dan kuantitas pakan sapi dan (3) Menjaga kualitas dari sapi yang di pasarkan.en_US
dc.description.abstractThis research was identified and analyze marketing channels, marketing margins, share margins, marketing efficiency and marketing strategy of cattle in Kabupaten Batubara. This research was conducted in May - June 2017. The research location was chosen by purposive sampling and conducted in 3 (three) subdistricts, namely District of Lima Puluh, Sei Suka, and Medang Deras. The research respondents were taken by classified random sampling, which were 85 cattle breeders, and the samples were selected by snowball ball sampling, as much 11 local traders and 2 big traders. Data analysis was done descriptively quantitative. The results show that there is a marketing channel involving breeders, local gathering agencies, wholesalers, butchers, and local traders. The results show that there are 4 channels formed from marketing agency that is marketing channel I (local gathering collector - big trader - butcher), marketing channel II (local collector farmer - breeder), marketing channel III (collecting farmer) local - outside merchants) and marketing channel IV (farmers - consumers / butchers). The highest marketing margin is on channel I that is Rp.2.368.501/cattle, and the lowest is in marketing channel IV is Rp.0. Farmer's share is highest in marketing channel IV of 100% and the lowest occurred in marketing channel I of 85,99%. Marketing channel IV is the most efficient channel seen from the calculation of efficiency index that is 0%. Based on the analysis of internal and external factors obtained 3 marketing strategies of cattle in the Regency of Batubara is by (1) Increasing the production of cattle and expand the marketing of cattle to meet consumer needs, (2) Improving the quality and quantity of cattle feed and (3) Maintaining the quality of cattle marketed.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;151802026-
dc.subjectsaluran pemasaranen_US
dc.subjectmargin pemasaranen_US
dc.subjectbagian peternaken_US
dc.subjectefisiensi pemasaranen_US
dc.subjectstrategi pemasaranen_US
dc.subjectmarketing channelsen_US
dc.subjectmarketing marginsen_US
dc.subjectshare marginsen_US
dc.subjectmarketing efficiencyen_US
dc.subjectmarketing strategyen_US
dc.titleAnalisis dan Strategi Pemasaran Sapi di Kabupaten Batubaraen_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
151802026 - Fahrizal Irham - Fulltext( No TTD).pdf
  Restricted Access
Cover, Abstract, Chapter I, II, III, Biblioghraphy551.59 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
151802026 - Fahrizal Irham - Chapter IV.pdfChapter IV323.75 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.