Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/12701
Title: Hubungan Antara Perkembangan Moral Dengan Perilaku Prososial Pada remaja di Perguruan Ki hajar Dewantara Kotapinang
Other Titles: The Relationship Between Moral Development and Prosocial Behavior in Adolescents at the Ki Hajar Dewantara College, Kotapinang
Authors: Hasibuan, Nur Wahyuni R
metadata.dc.contributor.advisor: Istiana
Suri, Findy
Keywords: perilaku prososial;perkembangan moral;moral;moral development
Issue Date: 12-Nov-2020
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;168600333
Abstract: Perkembangan Moral adalah perkembangan yang berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk mengkoreksi apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang tidak sesuai dengan norma yang berkembang dimasyarakat. Sedangkan perilaku prososial adalah tindakan tanpa pamrih sampai tindakan yang dilakkan menjadi motivasi kepentingan pribadi dengan melakukan segala tindakan yang dilakukan untuk menolong orang lain tanpa memperdulikan motif-motif dan keuntungan tersendiri oleh yang memberi pertolongan. kemampuan perkembangan moral bisa menjadi pendorong idividu untuk melakukan tindakan prososial. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara perkembangan moral dengan perilaku prososial pada remaja.Variabel terikat dalam penelitian ini adalah perilaku prososial dan variable bebas Perkembangan Moral. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa/siwi kelas X SMK Perguruan Ki hajar Dewanatara Kotapinang yang berjumlah 392 Sample pada penelitian ini sebanyak 70 siswa/I perguruan ki hajar dewantara kotapinang.teknik pengambilan sample mengunakan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala Perkembangan Moral dan skala Perilaku Prososial dengan menggunakan bentuk skala likert. Pengelolaan data dalam penelitian ini mengguakan teknik korelasi product moment dari pearson. Haasil penelitian menunjukkan adanya korelasi sebesar 0,825 dengan p < 0,000, hal ini berarti ada korelasi positif yng signifikan antara perkembangan moral dengan perilaku prososial. Hal ini berarti semakin baik perkembangan moral maka seakin tinggi pula perilaku prososial,sebaliknya semakin buruk perkembangan moral semakin rendah perilaku prososial. Adapun koefisien determinan dari korelasi tersebut sebesar R2= 0,681 artinya perkembangan moral memberikan sumbangan efektif terhadap perilaku prososial sebesar 68,1%, Sedangkan sisanya sebesar 31.9% faktor lain yang mempengaruhi dalam penelitian ini yang tidak terlihat yaitu bystander, daya tarik,desakan waktu, jenis kelamin,suasana hati. Mean hipotetik dalam penelitian ini untuk variable perkembangan moral sebesar 65 dan untuk variable perilaku prososial sebesar 65. Mean empirik pada perkembangan moral sebesar 86,86 dan perilaku prososial sebesar 85,51. Moral development is a development related to one's ability to correct what should be done and what is not in accordance with the norms that develop in the community. While prosocial behavior is an unconditional action until the action that is carried out motivates personal interests by taking all actions taken to help others without regard to their own motives and benefits by giving help. the ability of moral development can be an individual impetus for prosocial action. The purpose of this study was to look at the relationship between moral development and prosocial behavior in adolescents. The dependent variable in this study was prosocial behavior and the independent variable Moral Development. The population in this study were all students of class X SMK Ki Hajar Dewanatara Kotapinang, amounting to 392 samples in this study as many as 70 students / I of Ki Hajar Dewantara college Kotapinang. The sampling technique used purposive sampling. Measuring instruments used are the Moral Development scale and Prosocial Behavior scale using a Likert scale. Data management in this study uses Pearson product moment correlation techniques. The results of the study showed a correlation of 0.825 with p <0.000, this means there is a significant positive correlation between moral development and prosocial behavior. This means that the better the moral development, the higher the prosocial behavior, on the contrary the worse the moral development is the prosocial behavior. The determinant coefficient of the correlation is R2 = 0.681, which means that moral development contributes effectively to prosocial behavior by 68,1%, while the remaining 31.9%. mood. The hypothetical mean in this study for the moral development variable was 65 and for the prosocial behavior variable was 65. The empirical mean for moral development was 86.86 and the prosocial behavior was 85.51.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/12701
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
168600333 - Nur Wahyuni R Hasibuan - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography1.44 MBAdobe PDFView/Open
168600333 - Nur Wahyuni R Hasibuan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV433.61 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.