Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/13098
Title: Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador Produk Mie Sedap Korean Spicy Chicken Terhadap Minat Beli Konsumen di Kalangan Kpopers Kota Medan
Other Titles: The Influence of Choi Siwon as Brand Ambassador for Korean Spicy Chicken Noodle Products on Consumer Purchase Intention among Kpopers in Medan City
Authors: Mince, Dinda Afifa Khairunnisa
metadata.dc.contributor.advisor: Haris, Abdul
Hidayat, Taufik Wal
Keywords: brand ambassador;minat beli
Issue Date: 30-Nov-2020
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;168530098
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya iklan-iklan yang menggunakan brand ambassador berbau Korea untuk menarik minat pelanggan di era milenial ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat beli konsumen atau kpoper Kota Medan terhadap produk Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Penelitian ini dilakukan dibeberapa café seperti OX Coffe, Kantin Netijen, Mojo Sip & Dine, Mc Donald, dan lokasi yang paling utama adalah Lapangan Merdeka Medan, sasarannya adalah kpoper atau penggemar Korean pop (musik Korea). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif korelasional, pengumpulan data menggunakan kuisioner dan foto dokumentasi, serta sumber lain seperti buku, jurnal, internet, dan lain-lain. Populasi dari komunitas-komunitas yang bergabung sebagai kpoper di Kota Medan berjumlah 1895 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh hasilnya 95 orang atau 10% dari jumlah keseluruhan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti adanya pengaruh Choi Siwon sebagai brand ambassador produk Mie Sedaap Korean Spicy Chicken dengan minat beli konsumen dikalangan Kpoper Medan. Hal ini dibuktikan dari hasil data korelasi product moment nilai r hitung di peroleh sebesar 0,485 dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai r tabel 0,202 untuk n=95. Maka nilai ini menunjukkan bahwa r hitung > r tabel, maka hubungan kedua variabel bebas Choi Siwon sebagai brand ambassador dengan minat beli konsumen kpoper Medan adalah signifikan. Nilai koefisien korelasi pengaruh Choi Siwon sebagai brand ambassador dengan minat beli konsumen kpoper Medan adalah 0,485 yang berarti cukup berpengaruh. Sementara hasil koefisien determinan sebesar 23,5% menunjukkan bahwa Choi Siwon memiliki pengaruh pada minat beli konsumen kpoper Medan dan 76,5% dipengaruhi hal lain. This research is based on the advertisements that used Korean artists as brand ambassador to attract customer’s interest in this millennial era. The purpose of this study was to determine how much customer’s buying interest especially for all Kpoper in Medan towards the Mie Sedaap Korean Spicy Chicken product. This research was conducted in several cafés such as OX Coffe, Kantin Netijen, Mojo Sip & Dine, Mc Donald, and the most important location is Merdeka Walk, Medan, which targets are Kpoper as known as Korean Pop music fans. The method on this research is correlational quantitative, with data collection using questionnaire and documentation picture, and another sources like books, journals, the internet and so on. The population of the communities that joined as Kpoper in Medan was 1895 people. The sampling technique uses the Slovin formula so that the results are 95 people or 10% of the total. The result of this research indicate that H0 is rejected and Ha is accepted, which means there is an influence of Choi Siwon as a brand ambassador for the Mie Sedaap Korean Spicy Chicken product with customer’s buying interest among Kpoper Medan. This is evidenced by the result of the product moment correlation data, the calculated r value is 0,485 with a significant level of 5%, the r table value is 0,202 for n=95. Then this value indicates that r count > r table, then the two independent variable relationship Choi Siwon as a brand ambassador with consumer interest in Medan luggage purchase is significant. The correlation coefficient value of the influence of Choi Siwon as a brand ambassador with consumer buying interest, Medan is 0,485 which means quite influential. While the research of the determinant coefficient of 23,5% show that Choi Siwon is quite influencing the purchase interest of Medan luggage consumers and 76,5% is influenced by other things.
Description: 67 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/13098
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
168530098 - Dinda Afifa Khairunnisa Mince - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV854.56 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
168530098 - Dinda Afifa Khairunnisa Mince - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography1.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.