Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/13101
Title: Perbedaan Komitmen Organisasi Pada Guru MTS Al-Islamiyah Karang Anyar Ditinjau Dari Jenis Kelamin Status Pernikahan Dan Masa Kerja
Other Titles: Differences in Organizational Commitment to MTS Al-Islamiyah Karang Anyar Teachers in terms of Gender, Marital Status and Working Period
Authors: Putri, Bella Anggraini
metadata.dc.contributor.advisor: istiana
Novita, Eryanti
Keywords: komitmen organisasi;jenis kelamin;status pernikahan;masa kerja
Issue Date: 22-Dec-2020
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;168600174
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan komitmen organisasi yang dimiliki guru MTs Al-Islamiyah Karang Anyar ditinjau dari jenis kelamin, status pernikahan dan masa kerja. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan menggunakan model deskriptif dan komparatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 43 orang dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert dengan 4 pilihan jawaban. Instrumen penelitian ialah skala komitmen organisasi. Hasil yang diperoleh ialah: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara komitmen organisasi guru pria dan guru wanita dengan sig (p) 0,063 > 0,05. Komitmen organisasi guru pria dan guru wanita sama-sama berada dalam kategori tinggi, dimana guru pria memperoleh mean hipotetik 72,5 < mean empirik 96,12 dengan SD 8,059, dan guru wanita memperoleh mean hipotetik 72,5 < mean empirik 91,78 dengan SD 6,217. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara komitmen organisasi guru yang sudah menikah dengan guru yang belum menikah dengan sig (p) 0,000 < 0,05. Komitmen organisasi guru yang sudah menikah berada dalam kategori yang sangat tinggi dimana mean mean hipotetik 72,5 < mean empirik 100,06 dengan SD 6,571, sedangkan komitmen organisasi guru yang belum menikah berada pada kategori tinggi dengan mean hipotetik 72,5 < mean empirik 90,54 dengan SD 5,623. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara komitmen organisasi guru dengan masa kerja di atas dan di bawah 5 tahun dengan sig (p) 0,006 < 0,05. Komitmen organisasi guru yang memiliki masa kerja di atas 5 tahun berada dalam kategori yang sangat tinggi dimana mean hipotetik 72,5 < mean empirik 97,60 dengan SD 7,598, sedangkan komitmen organisasi guru yang masa kerjanya di bawah 5 tahun berada pada kategori tinggi dengan mean hipotetik 72,5 < mean empirik 91,43 dengan SD 6,430. This study aims to see the differences in organizational commitment of MTs Al-Islamiyah Karang Anyar teachers in terms of gender, marital status and working period. This type of research is quantitative using descriptive and comparative models. The sample in this study were 43 people with total sampling technique. The data collection method uses a Likert scale with 4 answer choices. The research instrument is a scale of organizational commitment. The results obtained are: 1) There is no significant difference between the organizational commitment of male and female teachers with sig (p) 0.063 > 0.05. The organizational commitment of male teachers and female teachers are both in the high category, where male teachers get a hypothetical mean is 72.5 < empirical mean 96.12 with SD 8.059, and female teachers get a hypothetical mean 72.5 < empirical mean 91.78 with SD 6,217. 2) There is a significant difference between the organizational commitment of married teachers and unmarried teachers with sig (p) 0.000 < 0.05. The organizational commitment of married teachers is in the very high category where the hypothetical mean is 72.5 < empirical mean 100.06 with SD 6.571, while the unmarried teacher organizational commitment is in the high category with a hypothetical mean 72.5 < empirical mean 90.54 with SD 5,623. 3) There is a significant difference between teacher organizational commitment with tenure above and below 5 years with sig (p) 0.006 < 0.05. The organizational commitment of teachers who have worked over 5 years is in the very high category where the hypothetical mean is 72.5 < empirical mean 97.60 with SD 7.598, while the organizational commitment of teachers whose work tenure is under 5 years is in the high category with hypothetical mean is 72.5 < empirical mean 91.43 with SD 6.430.
Description: 102 halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/13101
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
168600174 - Bella Anggraini Putri - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography1.99 MBAdobe PDFView/Open
168600174 - Bella Anggraini Putri - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV691.3 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.