Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/13721
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMunir, Abdul-
dc.contributor.advisorLubis, M.Rajab-
dc.contributor.authorTarigan, Roy Bastian-
dc.date.accessioned2021-04-30T03:29:16Z-
dc.date.available2021-04-30T03:29:16Z-
dc.date.issued2019-03-25-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/13721-
dc.description90 Halamanen_US
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan metode pembelajaran Jigsaw terhadap tanggung jawab siswa, (2) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang memiliki kecerdasan emosional terhadap tanggung jawab siswa, (3) Untuk mengetahui interaksi pengaruh antara model pembelajaran dengan kecerdasan emosional terhadap tanggung jawab siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Santo Xaverius 1 yaitu kelas VIII-1 yang menggunakan metode pembelajaran STAD dan kelas VIII-3 dengan menggunakan metode Jigsaw. Hasil penelitian adalah : (1) rata-rata tanggung jawab siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Jigsaw X = 87.96 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran STAD X = 66.3 dengan Fhitung = 1.127 < Ftabel = 4.006, (2) rata-rata tanggung jawab siswa dengan kecerdasan emosional tinggi X= 86.68 lebih tinggi dari pada tanggung jawab siswa dengan kecerdasan emosional rendah X= 60.76 dengan Fhitung = 7.749 > Ftabel = 4.009, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap tanggung jawab siswa dengan Fhitung = 2.239 < Ftabel = 2.683. The objectives of this study are: (1) To find out the significant effect differences between the use of Student Teams Achievement Divisions (STAD) learning methods and Jigsaw learning methods on student responsibility, (2) To determine the significant difference in influence between students who have emotional intelligence towards student responsibility, (3) To determine the interaction of influence between learning models and emotional intelligence on student responsibility. The subject of this study was the eighth grade students of Santo Xaverius 1 Junior High School, namely class VIII-1 who used the STAD learning method and class VIII-3 using the Jigsaw method. The results of the study were: (1) the average responsibility of students taught by the Jigsaw learning methodX = 87.96 higher than the learning outcomes of students taught by the STAD learning methodX = 66.3 with Fcount = 1.127 <Ftable = 4.006, (2) the average responsibility of students with high emotional intelligenceX = 86.68 higher than the responsibility of students with low emotional intelligence X= 60.76 with Fcount = 7.749> Ftable = 4.009, (3) There is no interaction between learning models and emotional intelligence on student responsibility with Fcount = 2.239 <Ftable = 2.683.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;161804060-
dc.subjectstad learning modelen_US
dc.subjectjigsawen_US
dc.subjectemotional intelligenceen_US
dc.subjectstudent responbilityen_US
dc.subjectmodel pembelajaran staden_US
dc.subjectjigsawen_US
dc.subjectkecerdasan emosionalen_US
dc.subjecttanggung jawab siswaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tanggung Jawab Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Yayasan Pendidikan SMP Santo Xaverius 1 Kabanjaheen_US
dc.title.alternativeThe Effect of Cooperative Learning Model and Emotional Intelligence on Student Responsibility in Sports Physical Education Subjects Education Foundation SMP Santo Xaverius 1 Kabanjaheen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
161804060 - Roy Bastian Tarigan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV347.79 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
161804060 - Roy Bastian Tarigan - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,V, Bibliography597.27 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.