Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/13835
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAstuti, Retna-
dc.contributor.advisorWahyono, Teguh-
dc.contributor.authorHarahap, Abdul Anas-
dc.date.accessioned2021-05-19T04:09:04Z-
dc.date.available2021-05-19T04:09:04Z-
dc.date.issued2015-07-11-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/13835-
dc.description52 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk Untuk (1) mengetahui sistem salauran pemasaran pakan yang dilakukan perusahaan sampai ke konsumen (2) Untuk mengetahui perkembangan pemasaran pakan selama lima tahun terakhir yang diperoleh perusahaan PT. Suri Tani Perdana (3) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pakan di perusahaan PT. Suri Tani Perdana. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriftif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Yakni data runtun waktu (time series) dengan metode observasi (survei) langsung ke perusahaan PT. Suri Tani Perdana. Analisis yang digunakan adalah analisis dengan menggunakan metode verbalistik dan grafik, analisis trend runtun waktu dengan menerapkan metode ordinary least square (OLS). Analisis kuantitatif yang digunakan adalah dengan mengamati data sekunder perusahaan PT STP (Persero), dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dengan alasan untuk melihat hubungan antara harga pakan dengan pemasaran produk pakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Dari hasil olahan data yang dilakukan menunjukkan bahwa koefisien determinasinya adalah R =0,970 : Artinya bahwa kontribusi faktor harga pakan ikan terhadap pemasaran pakan ikan adalah sebesar 97 %, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor di luar faktor harga pakan ikan. Oleh karena itu, kebijakan yang dilakukan oleh manager pemasaran adalah tetap meningkatkan harga, sesuai dengan konsep bauran pemasaran (marketing mix) (Kotler Philip, 2009) Kemudian di lihat dari pengujian hipotesis secara parsial, yakni dengan menggunakan t-hitung = 6,89 › t-tabel (3,26), maka dapat dikatakan bahwa Ho diterima dalam arti bahwa faktor harga pakan ikan sangat menentukan pemasaran pakan ikan di kemudian hari. Dari ulasan di atas memperlihatkan bahwa permintaan pakan ikan secara runtun waktu (time series) tetap meningkat. Sehingga dapat dikatakan bahwa produsen bertindak menopoli, dalam arti berapa harga pakan buatan yang dilakukan oleh produsen, maka peternak akan tetap melakukan pembelian. Di lihat dari aspek skala usaha kecil dari peternak dengan naiknya harga pakan, yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan harga komoditas ikan, maka dapat dikatakan bahwa peternak kecil kurang mampu dalam menggunakan pakan buatan. Sebaliknya di lihat dari peternak dengan skala usaha besar, berapa pun kenaikan harga pakan ikan buatan tidak berpengaruh terhadap besar kecilnya permintaan pakan buatan. Oleh karena dengan skala usaha besar, maka petani akan memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan peternak kecil. This study aims to (1) determine the feed marketing channel system carried out by the company to consumers (2) To determine the development of feed marketing during the last five years obtained by the company PT. Suri Tani Perdana (3) To determine the factors that affect feed in the company PT. Suri Tani Perdana. The form of this research is quantitative descriptive research using secondary data. Namely, time series data with direct observation (survey) methods to the company PT. Suri Tani Perdana. The analysis used is analysis using verbalistic and graphic methods, time series trend analysis by applying the ordinary least square (OLS) method. The quantitative analysis used is to observe the secondary data of the PT STP (Persero) company, using simple linear regression analysis. The reason is to see the relationship between feed prices and feed product marketing. The results of the analysis show that the results of the processed data show that the coefficient of determination is R = 0.970: This means that the contribution of the fish feed price factor to the marketing of fish feed is 97%, while the rest is influenced by factors other than the price of fish feed. Therefore, the policy carried out by the marketing manager is to keep increasing prices, in accordance with the concept of the marketing mix (Kotler Philip, 2009). t-table (3,26), it can be said that Ho is accepted in the sense that the fish feed price factor will determine the marketing of fish feed in the future. From the above review, it shows that the demand for fish feed has continued to increase in time series. So it can be said that producers act menopause, in terms of how much artificial feed is made by producers, the breeders will still make purchases. In view of the small scale business aspect of the breeders with the increase in feed prices, which are much higher than the increase in fish commodity prices, it can be said that small breeders are less able to use artificial feed. On the other hand, it is seen from farmers with large business scale, regardless of the increase in the price of artificial fish feed, it does not affect the size of the demand for artificial feed. Because with a large scale of business, farmers will get a much bigger profit compared to small breeders.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;131802004-
dc.subjectpemasaranen_US
dc.subjectpakan ternaken_US
dc.titleStrategi Pemasaran Pakan Ikan Di Sumatera Utara (Studi Kasus : PT. Suri Tani Perdana Km. 12,8 Tj. Morawa)en_US
dc.title.alternativeMarketing Strategy for Fish Feed in North Sumatra (Case Study: PT. Suri Tani Perdana Km. 12.8 Tj. Morawa)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:MT - Master of Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
131802004 - Abdul Anas Harahap - Fulltext.pdfFulltext360.09 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.