Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/13939
Title: Hubungan antara Word of Mouth Communication dengan Keputusan Membeli Melalui Media Internet pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area
Authors: Arnida
metadata.dc.contributor.advisor: Purba, Anna Wati Dewi
Dewi, Salamiah Sari
Keywords: Word of Mouth Communication;Keputusan Membeli
Issue Date: Jun-2017
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;138600143
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara word of mouth communication dengan keputusan membeli melalui media internet pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara word of mouth communication dengan keputusan membeli melalui media internet pada mahasiswa. Pengukuran word of mouth communication dengan keputusan membeli menggunakan skala likert. Penelitian ini melibatkan 80 mahasiswa Fakultas Psikologi kampus II angkatan 2015 di Universitas Medan Area yang diambil menggunakan tekhnik pengambilan sample purposive sampling. Dalam upaya membuktikan hipotesis digunakan metode analisis data yaitu teknik Korelasi – Product Moment, dimana berdasarkan analisis yang diperoleh hasil-hasil sebagai berikut : Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara word of mouth communication dengan keputusan membeli. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien rxy= 0,701 Dengan nilai P= 0,000, yang artinya p < 0,05maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.Selanjutnya melihat nilai rata-rata diketahui bahwa word of mouth communication berada di kategori tinggi dengan nilai rata-rata empiriknya (56.52) lebih besar dari nilai rata-rata hipotetik (47.5) dan keputusan membeli pada mahasiswa tergolong tinggi, sebab nilai rata-rata empiriknya (87.44) lebih besar dari rata-rata hipotetik (75). Adapun koefisien determinasi dari korelasi tersebut adalah sebesar = 0,492 artinya word of mouth communication memberi sumbangan efektif terhadap keputusan membeli sebesar 49,2% dan sebesar 50,8% berasal dari faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.
Description: 102 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/13939
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Arnida - 138600143 - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, Bibliography1.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.