Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/13953
Title: Hubungan antara Minat Membaca dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMA Kemala Bhayangkari 1 Medan
Authors: Karyati
metadata.dc.contributor.advisor: Purba, Annawati Dewi
Alfita, Laili
Keywords: minat baca;prestasi siswa;minat belajar
Issue Date: 27-Jul-2016
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;118600075
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat membaca dengan prestasi belajar pada siswa SMA Kemala Bhayangkari 1 Medan. Hipotesis yang diajukan adalah adanya hubungan positif antara minat membaca dengan prestasi belajar pada siswa. Semakin tinggi minat membaca siswa maka, akan semakin tinggi prestasi belajar pada siswa. Dan sebaliknya semakin rendah minat membaca siswa maka akan semakin rendah tingkat prestasi belajar pada siswa. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel teknik random sampling metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala minat membaca yang disusun berdasarkan skala likert, sedangkan presatasi belajar dilihat dari nilai rata-rata raport dari semua mata pelajaran. Minat membaca disusun berdasarkan ciri-ciri yaitu senantiasa berkeinginan untuk membaca, mempunyai kebiasaan yang kontinuitas dalam membaca, memanfaatkan setiap pluang waktu untuk membaca. Dalam upaya membutikan hipotesis di atas, maka digunakan teknik analisis product moment. Teknik ini digunakan untuk menganaisis kedua variabel X-Y. hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara minat membaca dengan prestasi belajar pada siswa SMA Kemala Bhayangkari 1 Medan. Hal ini ditunjukan dengan koefisein rxy= 0.936, dimana p= 0.010. selain itu diperoleh juga sumbangan minat membaca dengan prestasi belajar sebesa 46.8 %. Maka dapat dinyatakan bahwa masih terdapat 53,2 % presatasi belajar disebabkan oleh faktor lain yang dalam penelitian ini tidak diteliti. Hubungan antara minat membaca dengan prestasi belajar pada siswa SMA Kemala Bhayangkari 1 Medan tergolong tinggi karena mean hipotetik 117,5 < mean empirik = 139,68.
Description: 86 Hlm
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/13953
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
118600075 - Karyati - Fulltext.pdfFulltext623.21 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.