Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/13961
Title: Self-efficacy Siswa Sekolah Dasar yang Mengikuti Metode Matematika Otak Kanan
Authors: Desmawati
metadata.dc.contributor.advisor: Minauli, Irna
Alfita, Laili
Keywords: Metode Matematika Otak Kanan;Self eficacy;Siswa Sekolah Dasar
Issue Date: Jul-2015
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;118600212
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk membuat deskripsi mengenai Self-efficacy Siswa Sekolah Dasar yang Mengikuti Metode Matematika Otak Kanan. Self-efficacy adalah penilaian seseorang tentang apa yang dapat dilakukan dengan keterampilan apapun yang dimilikinya. Penilaian atau perasaan itu berkaitan dengan kompetensi dan efektifitas.Stigma negatif yang selama ini terbangun mengenai matematika adalah sulit dan membosankan. Tetapi ada sebuah bimbingan belajar yang sangat menarik pada metode belajarnya yang menerapkan metode matematika otak kanan pada proses belajarnya yaitu bimbingan belajar Primagama Quantum Kids. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan tiga orang responden yang berusia 9 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy siswa sekolah dasar yang mengikuti metode matematika otak kanan di Primagama Quantum Kids ini sangat baik, terbukti dari mereka lebih percaya diri dan tidak putus asa terhadap suatu kegagalan serta lebih menyukai pelajaran matematika. Adapun metode matematika otak kanan yang digunakan pada Primagama Quantum Kids yakni mudah, cepat, dan menyenangkan. Mudah bagi siswa berarti menjadikan soal yang rumit menjadi sederhana. Cepat berarti dapat dengan langsung diterima oleh siswa dan cepat dalam pengerjaan hitungan matematika seperti perkalian tutup satu yang penyelesaiannya tidak membutuhkan waktu yang lama. Menyenangkan berarti materi disampaikan dengan cara-cara yang kreatif dan inovatif, dengan memberikan permainan, seperti permain samurai, sambung kata dan lompat tiga, sehingga siswa merasa senang, nyaman, dan tidak bosan dengan pelajaran matematika, melainkan membuat mereka penasaran dan ingin terus mencoba sendiri di rumah.
Description: 99 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/13961
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Desmawati - 118600212 - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, Bibliography664.01 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.