Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/14013
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMunir, Abdul-
dc.contributor.advisorSiregar, Farida Hanum-
dc.contributor.authorMunawarah-
dc.date.accessioned2021-05-20T09:40:06Z-
dc.date.available2021-05-20T09:40:06Z-
dc.date.issued2016-10-20-
dc.identifier.otherNIM ; 128600149-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/14013-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara self efficacy dengan kemandirian belajar pada siswa SMK Pertanian Pembangunan Negeri Kutacane. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif.Penelitian ini dilakukan di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Kutacane. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Pertanian Pembangunan Negeri Kutacane. Sampel penelitian ini sebanyak 90 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling. Kedua skala ini peneliti susun berdasarkan skala likert. Sejalan dengan pembahasan yang ada dalam landasan teori, maka hipotesis diajukan dalam penelitian ini berbunyi: ada hubungan positif yang signifikan antara self efficacy dengan kemandirian belajar, asumsi semakin tinggi self efficacy maka semakin mandiri siswa dalam belajar. Begitupun sebaliknya semakin rendah self efficacy maka semakin tidak mandiri siswa dalam belajarnya. Dalam upaya membuktikan hipotesis tersebut, digunakan metode analisis data teknik korelasi product moment, yang diketahui bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self efficacy dengan kemandirian belajar. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien korelasi 𝑟𝑥𝑦 = 0,424; p = 0,000< 0,050. Berdasarkan analisis korelasi product moment, dapat diketahui bahwa secara umum terdapat hubungan positif yang signifikan kemandirian belajar ditinjau dari self efficacy.Dengan demikian hipotesis diterima.Koefesien determinan (𝑟2) dari hubungan sebesar 0,180.Ini artinya self efficacy memberikan pengaruh sebesar 18% terhadap kemandirian belajar. Ini berarti masih terdapat 82% pengaruh dari faktor lain terhadap kemandirian belajar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectSelf Efficacyen_US
dc.subjectBelajar Mandiri Siswaen_US
dc.subjectKutacaneen_US
dc.titleHubungan Antara Self Efficacy dengan Kemandirian Belajar pada Siswa SMK Pertanian Pembangunan Negeri Kutacaneen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
128600149_fulltext.pdfFulltext1.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.