Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/14104
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiregar, Mulia-
dc.contributor.advisorAzis, Azhar-
dc.contributor.authorNovriyanda-
dc.date.accessioned2021-05-21T06:52:43Z-
dc.date.available2021-05-21T06:52:43Z-
dc.date.issued2011-10-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/14104-
dc.description24 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan menguji secara empirik hubungan antara minat menonton dialog politis dan kemampuan matematis logis dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dan mengetahui seberapa besar kontribusi atau sumbangan minat menonton dialog politis dan kemampuan matematis logis terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang memiliki indeks prestasi kumulatif minimal 3,00 di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area dengan sampel sebanyak 60 mahasiswa yang menggunakan teknik Purposive Sampling dalam pengambilan sampel. V ariabel berpikir kritis diukur melalui metode esay, variabel minat menonton dialog politis diukur melalui metode skala prioritas, sedangkan kemampuan matematis logis diukur melalui metode pilihan berganda. Hubungan antara minat menonton dialog politis dan kemampuan matematis logis dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa diuji dengan menggunakan teknik Analisis Regresi. Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara minat menonton dialog politis dan kemampuan matematis logis dengan kemampuan berpikir kritis. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien korelasi rxy = 0,572 ; p < 0,010. Adapun koefisien determinan (r2) dari hubungan diatas adalah sebesar r2 = 0,327. Ini artinya minat menonton dialog politis dan kemampuan matematis logis yang dirasakan mahasiswa, memberikan pengaruh sebesar 32, 7% terhadap kemampuan berpikir kritis. Ini berarti masih terdapat sebesar 67,3% pengaruh dari faktor lain terhadap kemampuan berpikir kritis, dimana faktor-faktor lain tersebut diantaranya adalah kecerdasan, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan analisis, terapan metode pembelajaran Problem Based Learning, intensitas berdiskusi, dan kemampuan penalaran. Hasil lain dapat dilihat bahwa Persamaan Regresi Y = 24,048 + 0, 148Xl + 0,295X2 yang berarti bahwa persamaan regresi ini dapat memprediksi kemampuan berpikir kritis melalui koefisien 24,048 + ( 0,148 x skor minat menonton dialog politis) + (0,295 x skor kemampuan matematis logis) pada sampel penelitian ini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;078600181-
dc.subjectMinat Menonton Dialogaen_US
dc.subjectKemampuan Matematis Logisen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titleHubungan Minat Menonton Dialog Politis dan Kemampuan Matematis Logis dengan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa Fakultas Psikologis Universitas Medan Areaen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Novriyandi - 078600181 - Fulltext.pdfCover, Abstract, Introduction, Chapter I, Bibliography1.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.