Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/14169
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIstiana-
dc.contributor.advisorLubis, Rahmi-
dc.contributor.authorCepi-
dc.date.accessioned2021-05-21T09:42:58Z-
dc.date.available2021-05-21T09:42:58Z-
dc.date.issued2011-09-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/14169-
dc.description28 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode kontekstual terhadap motivasi belajar bahasa Inggris pada siswa SMP swasta R.K Santo Petrus Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SMP Swasta RK Santo Petrus Medan. Hipotesis yang diajukan adalah Adanya perbedaan motivasi belajar babasa Inggris siswa yang menempuh proses belajar mengajar dengan model pembelajaran kontekstual dan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan asumsi Semakin tinggi skor pada skala motivasi belajar maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin rendah skor pada skala motivasi belajar maka semakin rendah pula motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan satu skala yakni skala motivasi belajar yang terdiri dari dua belas ciri - ciri yaitu: tekun dalam melaksanakan tugas, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkan rainat pada bermacam masalah, senang bekerja mandiri, tidak mudah bosan pada tugas rutinitas, dapat mempertahankan pendapatnya, tidak mudah melepas hal yang diyakininya, senang mencari dan memecahkan masa1ah, memiliki rasa selalu ingin tahu, kreatif. ingin mendapat simpati, dan ingin memperbaiki kegagalan. Jumlah populasi yang ada sebanyak 134 orang, dan seluruhnya dijadikan sebagai sampel di dalam penelitian ini. Dalam upaya membuktikan hipotesis maka digunakan teknLlc analisis t - test untuk menganalisis bagaimana perbedaan motivasi belajar bahasa lnggris ditinjau dari metode kontekstual. Dan hasilnya diketahui bahwa (1) Terdapat perbedaan motivasi belajar bahasa Inggris yang sangat signifikan ditinjau dari metode kontekstual pada siswa SMP swasta R.K Santo Petrus Medan. Basil ini dibuktikan dengan koefisien perbedaan t - test = -5,957 ; p = 0,00. Dengan demiki!lll maka hipotesis yang telah diajukan dalam penelitian ini, dinyatakan diterima. (2) Basil penelitian ini membuktikan bahwa metode kontekstual dalarn proses pembelajaran bahasa Inggris sangat mempengaruhi motivasi be1ajar bahasa Inggris siswa. Proses pembelajaran bahasa Inggris yang diajarkan dengan menggunakan metode kontekstual ini, temyata dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa. Terbukti bahwa nilai rata - rata motivasi belajar bahasa Inggris siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode kontekstual sebesar 152,396, sementara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode komnvensional nilai rata - rata motivasi belajar bahasa Inggrisnya adalah sebesar 143, 724 Secara umum, basil penelitian ini menggambarkan bahwa para siswa memiliki motivasi belajar bahasa Inggris yang tinggien_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;068600197-
dc.subjectMetode Konteksualen_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.titleEfektivitas Metode Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris pada Siswa SMP Swasta R.K Santo Petrus Medanen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cepi - 068600197 - Fulltext.pdfCover, Abstract, Introduction, Capter I, Bibliography2.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.