Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/14440
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLubis, Afisah Wardah-
dc.contributor.advisorSiregar, Nurmaida Irawani-
dc.contributor.authorSyafrida-
dc.date.accessioned2021-05-25T03:59:26Z-
dc.date.available2021-05-25T03:59:26Z-
dc.date.issued2010-11-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/14440-
dc.description25 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas dengan minat belajar pada siswa kelas 5 dan 6 SD Taman Harapan Medan. Pengelolaan kelas yang efektif adalah memasukkan dalam bagian integral pengajaran efektif melalui perencanaan dan penataan kegiatan belajar yang lebih baik, pemberian materi pengajaran yang lebih baik, interaksi guru- siswa yang lebih baik, mendid-ik pada pengoptimalan keterHbatan dan kerjasama siswa dalam belajar (Pidarta, 2000). Apabila pengelolaan kelas tidak maksimal, tentu akan membuat kelas menjadi ribut dan ini akan mempengaruhi minat dalam belajar. Dengan adanya minat belajar, maka akan menciptakan kelas yang menyenangkan dan membuat peserta didik lebih konsentrasi dalam menerima materi pelajaran. Pengelolaan kelas sangat berperan penting dalam memberikan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala persepsi terhadap pengelolaan kelas dan skala minat belajar. Subyek penelitiannya adalah para siswa kelas 5 dan 6 SD Taman Harapan Medan sebanyak 60 orang. Subyek penelitian ini diambil dari 4 kelas. Metode pengumpulan sampelnya adalah total sampling. Metode analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah metode korelasi product moment dari Karl Pearson. Dari hasil analisis diperoleh data (l) ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi terhadap pengelolaan kelas dengan minat belajar, dengan koefisien korelasi rxy = -0,513; p =0,00 (p<Q,05) dengan demikian hipotesis dit􀄻rima, (2) sumbangan persepsi pengelolaan kelas terhadap minat belajar sebesar r2 = 0,263 (26,30%); (3) persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas masuk kategori sangat positit: dan minat belajar siswa masuk kategori tinggien_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;048600050-
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectPersepsi Terhadap Pengelolaan Kelasen_US
dc.titleHubungan Antara Persepsi Terhadap Pengelolaan Kelas dengan Minat Belajar Siswa Kelas V dan VI di SD Taman Harapan Medanen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Syafrida - 048600050 - Fulltext.pdfCover, Abstract, Introduction, Chapter I, Bibliography1.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.