Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/14440
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Lubis, Afisah Wardah | - |
dc.contributor.advisor | Siregar, Nurmaida Irawani | - |
dc.contributor.author | Syafrida | - |
dc.date.accessioned | 2021-05-25T03:59:26Z | - |
dc.date.available | 2021-05-25T03:59:26Z | - |
dc.date.issued | 2010-11 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/14440 | - |
dc.description | 25 Halaman | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas dengan minat belajar pada siswa kelas 5 dan 6 SD Taman Harapan Medan. Pengelolaan kelas yang efektif adalah memasukkan dalam bagian integral pengajaran efektif melalui perencanaan dan penataan kegiatan belajar yang lebih baik, pemberian materi pengajaran yang lebih baik, interaksi guru- siswa yang lebih baik, mendid-ik pada pengoptimalan keterHbatan dan kerjasama siswa dalam belajar (Pidarta, 2000). Apabila pengelolaan kelas tidak maksimal, tentu akan membuat kelas menjadi ribut dan ini akan mempengaruhi minat dalam belajar. Dengan adanya minat belajar, maka akan menciptakan kelas yang menyenangkan dan membuat peserta didik lebih konsentrasi dalam menerima materi pelajaran. Pengelolaan kelas sangat berperan penting dalam memberikan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala persepsi terhadap pengelolaan kelas dan skala minat belajar. Subyek penelitiannya adalah para siswa kelas 5 dan 6 SD Taman Harapan Medan sebanyak 60 orang. Subyek penelitian ini diambil dari 4 kelas. Metode pengumpulan sampelnya adalah total sampling. Metode analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah metode korelasi product moment dari Karl Pearson. Dari hasil analisis diperoleh data (l) ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi terhadap pengelolaan kelas dengan minat belajar, dengan koefisien korelasi rxy = -0,513; p =0,00 (p<Q,05) dengan demikian hipotesis ditrima, (2) sumbangan persepsi pengelolaan kelas terhadap minat belajar sebesar r2 = 0,263 (26,30%); (3) persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas masuk kategori sangat positit: dan minat belajar siswa masuk kategori tinggi | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Medan Area | en_US |
dc.relation.ispartofseries | NPM;048600050 | - |
dc.subject | Minat Belajar | en_US |
dc.subject | Persepsi Terhadap Pengelolaan Kelas | en_US |
dc.title | Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pengelolaan Kelas dengan Minat Belajar Siswa Kelas V dan VI di SD Taman Harapan Medan | en_US |
dc.type | Skripsi Sarjana | en_US |
Appears in Collections: | SP - Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Syafrida - 048600050 - Fulltext.pdf | Cover, Abstract, Introduction, Chapter I, Bibliography | 1.99 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.