Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/15284
Title: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Buah Jambu Biji Merah di Kota Medan (Studi Kasus: Pasar Petisah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara)
Other Titles: Factors Affecting Demand for Red Guava Fruit in Medan City (Case Study: Petisah Market, Medan Petisah District, Medan City, North Sumatra Province)
Authors: Ginting, Barry Gamaliel P
metadata.dc.contributor.advisor: Syahbudin
Musika, Mitra
Keywords: faktor permintaan;permintaan jambu biji merah;pendapatan;harga;jumlah pengadaan;pengadaan jambu biji merah;price;income;total procurement of red guava;guava fruit
Issue Date: 2-Oct-2020
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188220203
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana permintaan terhadap buah jambu biji merah di Pasar Petisah Kecamatan Medan Petisah dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan konsumen terhadap buah jambu biji merah di Pasar Petisah Kecamatan Medan Petisah. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling (sampel yang ditentukan dengan sengaja). Responden dalam penelitian ini adalah konsumen tetap buah jambu biji merah di Pasar Petisah. Informasi diperoleh dari penjual buah jambu biji merah di Pasar Petisah dan sampel yang diambil sebanyak 35 sampel konsumen tetap buah jambu biji merah beserta pedagang buah jambu biji merah di Pasar Petisah sebanyak 12 pedagang. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data skunder. Metode analisis yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan alat bantu perangkat lunak spss 20. Berdasarkan hasil regresi linier berganda menunjukkan variabel harga buah jambu biji merah, harga buah lain, jumlah tangungan, serta selera, tidak signifikan terhadap permintaan konsumen buah jambu biji merah di Pasar Petisah. Sedangkan variabel yang signifikan terhadap permintaan konsumen buah jambu biji merah di Pasar Petisah adalah pendapatan konsumen dan jumlah pengadaan buah jambu biji merah oleh pedagang. This study aims to determine how the demand for red guava fruit in the Petisah Market, Medan Petisah District and to find out what factors influence consumer demand for red guava fruit in the Petisah Market, Medan Petisah District. The sampling method was carried out by purposive sampling method (a sample that was determined intentionally). Respondents in this study were regular consumers of red guava fruit in Petisah Market. Information obtained from red guava fruit sellers in Petisah Market and samples taken as many as 35 samples of regular consumers of red guava fruit and 12 traders of red guava fruit in Petisah Market. The data collected is primary data and secondary data. The analytical method used is multiple linear regression with SPSS 20 software. Based on the results of multiple linear regression, it shows that the price of red guava fruit, the price of other fruits, the amount of responsibility, and taste are not significant to consumer demand for red guava fruit Split Market. While the variables that are significant to consumer demand for red guava fruit in Petisah Market are consumer income and the amount of red guava fruit procured by traders.
Description: 106 Hlm
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/15284
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188220203 - Barry Gamaliel P Ginting - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, IV, VI, Bibliography3.28 MBAdobe PDFView/Open
188220203 - Barry Gamaliel P Ginting - Chapter V.pdf
  Restricted Access
Chapter V1.25 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.