Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/15532
Title: Hubungan antara Kepercayaan Pelanggan dengan Loyalitas Pelanggan Terhadap Online Shop pada Mahasiswa Psikologi Regular A Stambuk 2017 Universitas Medan Area
Authors: Khairina, Fadlah
metadata.dc.contributor.advisor: Siregar, Mulia
Dalimunthe, Hairul Anwar
Keywords: kepercayaan pelanggan;loyalitas pelanggan;customer trust;customer loyalty
Issue Date: 18-Jan-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;168600171
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kepercayaan pelanggan dengan loyalitas pelanggan terhadap online shop pada Mahasiswa Psikologi Regular A Stambuk 2017 Universitas Medan Area. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Psikologi regular A stambuk 20017 Universitas Medan Area dengan jumlah 185 orang, namun setelah dilakukan screening dengan sistem ty out terpakai terhadap subjek, maka terdapat 50 orang mahasiswa yang sering melakukan pembelian secara online shop dan dinyatakan sebagai sampel yang sesuai dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Skala kepercayaan pelanggan (Priansa, 2018) yang terdiri dari 3 aspek yaitu kemampuan (ability), kebaikan hati (benevolence), dan Integritas (integrity). Penelitian ini menggunakan Skala Loyalitas Pelanggan yang terdiri dari 4 aspek yaitu melakukan pembelian secara teratur, membeli diluar lini produk/jasa, merekomendasikan produk/jasa kepada orang lain, dan tidak mudah terpengaruh oleh tarikan pesaing. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert dengan jumlah aitem sebanyak 57 aitem. Nilai validitas aitem dalam penelitian ini adalah 0,921 dan 0,929 yang ukur menggunakan Alpha Cronbach’s. Berdaasarkan analisis dengan menggunakan Pearson Product Moment maka diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Kepercayaan Pelanggan dengan Loyalitas Pelanggan, dimana rxy = 0,459 dengan signifikan p = 0.001 < 0.050. Dan menunjukkan hasil analisis persentase sebesar 21,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima dengan hasil ada hubungan antara Kepercayaan Pelanggan dengan Loyalitas Pelanggan. This study aims to see the correlation between customer trust with customer loyalty of online shop at class of Regular A Psychology Students 2017 Medan Area University. The method used in this research is quantitative method. The subjects of this study were Regular A Psychology Students 2017 Medan Area University.with a total of 185 people, but after screening with the ty out system used for the subject, there were 50 students who often made online shop purchases and were declared as samples in accordance with this study. This research uses customer trust scale (Priansa, 2018) which consists of 3 aspects, namely ability, benevolence, and integrity. This research uses a Customer Loyalty Scale which consists of 4 aspects, namely making purchases regularly, buying outside the product / service line, recommending products / services to others, and not being easily influenced by the pull of competitors. The data was collected using a Likert scale with a total of 57 items. The validity values of items in this study were 0.921 and 0.929, which were measured using Cronbach's Alpha. Based on the analysis using Pearson Product Moment, it is found that there is a significant positive relationship between Customer Trust and Customer Loyalty, where rxy = 0.459 with a significant p = 0.001 <0.050. And shows the results of the percentage analysis of 21.1%. This hypothesis is stated to be accepted with the result that there is a correlation between Customer Trust and Customer Loyalty.
Description: 114
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/15532
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
168600170 - Fadlah Khairina Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III, Bibliography1.47 MBAdobe PDFView/Open
168600170 - Fadlah Khairina Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV473.17 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.