Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/15635
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHermanto, Edy-
dc.contributor.advisorSuranto-
dc.contributor.authorIlham, Muhammad Ade-
dc.date.accessioned2021-12-16T07:40:28Z-
dc.date.available2021-12-16T07:40:28Z-
dc.date.issued2021-09-27-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/15635-
dc.description111 Halamanen_US
dc.description.abstractSistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3) merupakan standarisasi yang dilakukan setiap pekerjaan kontruksi untuk meminimalkan risiko kecelakaan kerja yang terjadi ketika dilakukan suatu pekerjaan kontruksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai tingkat risiko bahaya dari suatu pekerjaan dan memberikan solusi agar kecelakaan kerja dapat diminimalisir. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode HIRARC yaitu suatu metode menentukan atau indentifikasi masalah, penilaian risiko dan pengendalian risiko yang digunakan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi lapangan, telaah dokumen, dan wawancara mendalam. Analisis data dimulai dengan menghitung nilai risiko dengan bentuk skor. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat 10 jenis pekerjaan di pembangunan jembatan jalan tol yang memiliki sumber bahaya berbeda-beda dan dibandingkan dengan 8 jenis pekerjaan ditabel HIRARC yang ditetapkan oleh HKI. Dari segi keselamatan PT Hutama Karya Indonesia (PT. HKI) masih memiliki beberapa kekurangan khususnya keselamatan pada perlengkapan APD dan menganalisis HIRARC yang telah dibuat. Faktor kecelakaan yang banyak terjadi pada pembangunan jalan tol yaitu faktor kelalaian manusia atau pekerjanya seperti bekerja tanpa APD tidak menerapkan SOP setiap pekerjaan dan tidak berhati-hati dalam menggunakan alat kerja. The Occupational Health and Safety Management System (SMK3) is a standardization carried out by each construction work to minimize the risk of work accidents that occur when a construction work is carried out. The purpose of this research is to assess the level of hazard risk of a job and provide solutions so that work accidents can be minimized. The research method used in this thesis uses the Hirarc method, which is a method of determining or identifying problems, assessing risks and controlling risks used. This research is a qualitative research. The techniques used in data collection are field observation, document review, and in-depth interviews. Data analysis begins by calculating the risk value in the form of a score. Based on the research results, it is known that there are 10 types of work in toll road bridge construction that have different sources of danger and compared to 8 types of work on the HIRARC table set by PT. HKI. In terms of safety, PT Hutama Karya Indonesia (PT. HKI) still has several deficiencies, especially the safety of PPE equipment and analyzes the HIRARC that has been made. Accident factors that often occur in toll road construction are factors of human negligence or workers such as working without PPE, not applying SOPs for every job and not being careful in using work tools.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;168110065-
dc.subjectintegrated management systemen_US
dc.subjecthazard identificationen_US
dc.subjectrisk assesmenten_US
dc.subjectrisk controlen_US
dc.subjectaccidenten_US
dc.titleAnalisis SMK3 Terhadap Risiko Kecelakaan Kerja Pembangunan Jalan Tol Menggunakan Metode Hirarcen_US
dc.title.alternativeSMK3 Analysis of the Risk of Accidents in Toll Road Construction Using the Hirarc Methoden_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
168110065 - Muhammad Ade Ilham - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography1.24 MBAdobe PDFView/Open
168110065 - Muhammad Ade Ilham - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV332.74 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.