Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/15678
Title: Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Imageterhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia Studi Kasus Mahasiswa Universitas Medan Area
Other Titles: The Influence of Celebrity Endorsers and Brand Image on Purchase Decisions at Tokopedia Case Study of Medan Area University Students
Authors: Syahrie, Sutan
metadata.dc.contributor.advisor: Prayudi, Ahmad
Keywords: celebrity endorser;brand image;keputusan pembelian;purchase decisions
Issue Date: 6-Aug-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178320053
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh celebrity endorserterhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand imageterhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh celebrity endorser dan brand imageterhadap keputusan pembelian di Tokopedia.Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Medan Area Manajemen sebanyak 1.419 Mahasiswa, dimana pengambilan sampel sebanyak 93Mahasiswayang dilakukan dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji parsial (Uji t), uji signifikasi simultan (Uji F) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif celebrity endorserterhadap keputusan pembelian yang diperoleh thitung (5,569) > ttabel (1,986) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05, terdapat pengaruh positif brand imageterhadap keputusan pembelian yang diperoleh thitung (7,118) > ttabel (1,986) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05, Pengujian yang dilakukan secara simultan menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian Di Tokopedia. Dengan Fhitung (134,533) > Ftabel (3,1) dengan tingkat signifikasi 0.000. Selanjutnya nilai R Square sebesar 0,758 yang berarti bahwa ada hubungan antara celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian, sedangkan untuk R Square sebesar 0,749 atau 74,9 % yang artinya pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya 25,1% variabel-variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini, misalnya promosi, iklan dan variabel lainnya. The purpose of this study was to determine and analyze the influence of celebrity endorsers on purchasing decisions, to determine and analyze the effect of brand image on purchasing decisions and to determine and analyze the effect of celebrity endorsers and brand image on purchasing decisions in Tokopedia. The population in this study were 1,419 students at the Medan Area Management University, where the sampling was 93 students using the Slovin formula. The data collection technique used in this study was carried out by distributing questionnaires. The analysis technique used in this research is multiple linear regression, partial test (t test), simultaneous significance test (F test) and the coefficient of determination. The results showed that there was a positive influence of celebrity endorsers on purchasing decisions obtained by tcount (5,569)> ttable (1.986) with a significance value of 0.000 <0.05, there was a positive influence on brand image on purchasing decisions obtained by tcount (7,118)> ttable ( 1.986) with a significance value of 0.000 <0.05, the test carried out simultaneously shows that the celebrity endorser variable and brand image have an effect on purchasing decisions in Tokopedia. With Fcount (134.533)> Ftable (3.1) with a significance level of 0.000. Furthermore, the value of R Square is 0.758 which means that there is a relationship between celebrity endorsers and brand image on purchasing decisions, while for R Square it is 0.749 or 74.9%, which means that the influence of celebrity endorsers and brand image on purchasing decisions, while the remaining 25.1% other variables not examined by this study, for example promotion, advertising and other variables.
Description: 87 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/15678
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320053 - Sutan Syahrie - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV651.54 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
178320053 - Sutan Syahrie - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography1.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.