Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/15684
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNasution, Amrin Mulia-
dc.contributor.authorMeilia, Yuli-
dc.date.accessioned2021-12-16T10:20:10Z-
dc.date.available2021-12-16T10:20:10Z-
dc.date.issued2021-08-05-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/15684-
dc.description85 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Kuliner sekitaran desa Bandar Setia kabupaten Deli Serdang”.Jenis penilitan ini adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UKM kuliner sekitaran desa Bandar Setia sebanyak 117 pelaku usaha dengan menggunakan teknik rumus slovin, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 53 responden diambil dari sebagian populasi. Berdasarkan hasil t dapat dilihat bahwa thitung pada variabel Orientasi Pasar sebesar 3,907> ttabel sebesar 2,008 dan variabel Inovasi produk sebesar 2,189> ttabel sebesar 2,008 dengan probabilitas t yakni sig < 0,05 terhadap variabel Keunggulan Bersaing. Berdasarkan hasil uji F maka diperoleh nilai Fhitung sebesar 0,000 < 0,05 untuk Orientasi pasar dan 0,033< 0,05 untuk Inovasi Produk, menunjukkan Orientasi Pasar dan Inovasi Produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing. Nilai Adjust R Square yang diperoleh sebesar 0,467 atau 46,7%Keunggulan Bersaing dapat dijelaskan oleh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk, sisanya sebesar 53,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. This research aimed to know “The Effect Of Market Orientation and Product Innovation towards Competitive Advantage Of For Micro (UKM) For Culinary Around Bandar Setia Village Of Deli Serdang Regency”. The kind of this research is associative. The population in this research is conducted for micro, small and medium business (UKM) for culinary around Bandar Setia village of 177 business man man with using slovin technique formula, then the sample serult in this research as much as 53respondent taken from the half of population. Based on the t result showed that tcount of Market Orientation variabel 3,907> ttabel is 2,008 and Innovation Product variabel 2,189> ttabel is 2,008 with probability t that sig < 0,05 towards Competitive Advantage variabel. Based on the result of F then can get Fcountis 0,000 < 0,05 for Market Orientation and 0,033< 0,05 for Product Innovation, it showed the positive effect of Market Orientation and Product Innovation significant towards Competitive Advantage. Adjust R,Square Value can get as much as 0,467 or 46,7% Competitive Advantage can explained by Market Orientation and Product Innovation, the rest of it as much as 53,3% affected by another factor that couldn’t explain in this research.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;178320058-
dc.subjectorientasi pasaren_US
dc.subjectinovasi produken_US
dc.subjectkeunggulan bersaingen_US
dc.subjectmarket orientationen_US
dc.subjectproduct innovationen_US
dc.subjectcompetitive advantageen_US
dc.titlePengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Kuliner Sekitaran Desa Bandar Setia Kabupaten Deli Serdangen_US
dc.title.alternativeThe Effect of Market Orientation and Product Innovation on Competitive Advantage in Culinary SMEs Around Bandar Setia Village Deli Serdang Regencyen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320058 - Yuli Meilia - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV550.05 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
178320058 - Yuli Meilia - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography1.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.