Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/15831
Title: Pengaruh Gaya Belajar dan Metode Muraja’ah Terhadap Kemampuan Menghafal Al Qur’an Siswa TK Jabal Rahmah Mulia Medan
Other Titles: The Influence of Learning Style and Muraja'ah Method on the Ability to Memorize the Qur'an of Jabal Rahmah Mulia Kindergarten Students in Medan
Authors: Anastasia, Astarie
metadata.dc.contributor.advisor: Hasanuddin
Surbakti, Amanah
Keywords: Gaya Belajar;Learning Styles;Metode Muraja’ah;Muraja’ah Method;Kemampuan Menghafal Al Qur’an;Memorizing Al Qur’an Abilities
Issue Date: Aug-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;171804020
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan metode muraja’ah terhadap kemampuan menghafal Al Qur’an Siswa TK Jabal Rahmah Mulia Medan. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kuantitatif dengan variasi quasi experiments, dan menggunakan desain faktorial 3x3. Subjek penelitian adalah siswa kelas TK B di TK Jabal Rahmah Mulia Medan yang berjumlah 60 siswa. Kelompok I sebanyak 30 siswa dalam kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan dan 30 siswa yang termasuk dalam kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan metode muraja’ah permainan (Domikado Muraja’ah, Ular Tangga Al Qur’an, dan Muraja’ah Klasikal). Teknik analisis data menggunakan Uji Kruskal Wallis untuk menentukan adakah perbedaan signifikan secara statistik antara dua atau lebih kelompok variabel independen pada variabel dependen yang berskala data numerik (interval/rasio) dan skala ordinal. Hasil uji hipotesis pada variabel gaya belajar menunjukkan nilai p = 0.017 < 0.05, maka H01 ditolak dan disimpulkan terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan menghafal Al Qur’an siswa TK Jabal Rahmah Mulia Medan. Pada variabel metode muraja’ah diperoleh nilai p = 0.000 < 0.05, maka H02 ditolak dan disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode murajaah untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al Qur’an siswa TK Jabal Rahmah Mulia Medan. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan metode ANCOVA, diperoleh nilai sig 0,006 < 0,05 maka maka H03 ditolak dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh interaksi gaya belajar dan metode murajaah terhadap kemampuan menghafal Al Qur’an siswa TK Jabal Rahmah Mulia Medan. Selain itu nilai pada tabel memperlihatkan bahwa gaya belajar kinestetik memiliki rata-rata paling tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya belajar kinestetik yang paling efektif menggunakan metode muraja’ah dalam menghafal Al Qur’an siswa TK Jabal Rahmah Mulia Medan. This research purpose to know the effect of learning styles and muraja’ah method on memorizing Al Qur’an abilities in students of TK Jabal Rahmah Mulia Medan. This research use quantitative descriptive with quasi experiments and use factorial 3x3 design. This research has 60 subjects and divided into 2 groups. The first group, called control group, contains of 30 students has no treatment given. The second group, called experimental group, contains of 30 students that has muraja’ah method treatment (Domikado Muraja’ah, Ular Tangga Al Qur’an, and Classical Muraja’ah). Analysis was held with Kruskal Wallis Test to find out whether there is statistically sisgnificant difference between two or more independent variables on thedependent variable with numeric (interval/ ratio) and ordinal data scales. Hypothesis test result on learning styles variable shows p = 0.017 < 0.05, this indicates that showed H01 is rejected and it can be concluded that there is an effect of learning styles on memorizing Al Qur’an abilities in students of TK Jabal Rahmah Mulia Medan. On muraja’ah method variable shows p = 0.000 < 0.05, this indicates that showed H02 is rejected and it can be concluded that there is an effect of muraja’ah method on memorizing Al Qur’an abilities in students of TK Jabal Rahmah Mulia Medan. Then based on the analysis result with ANCOVA method shows sig 0,006 < 0,05, that showed H03 is rejected and it can be concluded that there is an effect of interaction between learning styles and muraja’ah method on memorizing Al Qur’an abilities in students of TK Jabal Rahmah Mulia Medan Besides that, the value in the table shows that kinesthetic learning syles has the highest average so it can be concluded that the kinesthetic learning style is the most effective learning style to use the muraja’ah method on memorizing Al Qur’an abilities in students of TK Jabal Rahmah Mulia Medan.
Description: 136 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/15831
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
171804020 - Astarie Anastasia - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV436.72 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
171804020 - Astarie Anastasia - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography1.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.