Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16028
Title: Pengaruh BTS Sebagai Brand Ambassador Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Generasi Z (Studi Kasus: Marketplace Tokopedia)
Other Titles: The Influence of BTS as Brand Ambassadors and Advertising on Purchase Decisions by Generation Z (Case Study: Tokopedia Marketplace)
Authors: Lismawati
metadata.dc.contributor.advisor: Suryani, Wan
Keywords: brand ambassador;Keputusan Pembelian;advertising;iklan;purcase decision
Issue Date: 23-Jun-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178320089
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh BTS sebagai Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Generasi Z (Studi Kasus: Marketplace Tokopedia)”. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, yang tujuannya untuk mengetahui pengaruh maupun hubungan antara dua atau lebih variabel yang datanya dinyatakan dalam bentuk angka, dimana setiap variabel yang digunakan diukur menggunakan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah pengikut instagram Armyels yang merupakan instagram fanclub dari salah satu idol asal Korea Selatan yaitu BTS (Bangtan Seonyeondan) dengan sampel sebanyak 239 responden yang diambil dari sebagian pengikut dari jumlah populasi yang ada dengan menggunakan teknis rumus Isaac dan Michael. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 21, dengan menggunakan teknik deskriptif dan pengujian hipotesis analisis liner berganda. Berdasarkan hasil uji t koefisien variabelbrand ambassador regresi bernilai 0.340 dan bernilai positif, lalu memiliki nilai sig. 0.005 yang berarti < 0.05. Maka variabel brand ambassador dikatakan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada variabel iklan menunjukkan koefisien regresi bernilai 0.670 dan bernilai positif lalu memiliki nilai sig. 0.000 yang berarti < 0.05. Maka variabel iklan dikatakan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji F di peroleh Nilai F sebesar 56.595 dengan nilai sig. 0.000 dan < 0.05 maka disimpulkan bahwa brand ambassador dan iklan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan nilai Adjusted R Square bernilai 0.318. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 31.8% keputusan pembelian dipengaruhi oleh brand ambassador dan iklan, lalu sisanya 68.2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. This study aims to determine "The Influence of BTS as Brand Ambassadors and Advertising on Purchase Decisions by Generation Z (Case Study: Tokopedia Marketplace)". This type of research is associative with a quantitative approach whose aim is to determine the effect or relationship between two or more variables whose data is expressed in the form of numbers and where each variable used is measured using a Likert scale. The population in this study are Armyels instagram followers which is the fanclub instagram of one of the idols from South Korea, namely BTS (Bangtan Seonyeondan) with a sample of 239 respondents taken from some followers of the existing population using the technical formula of Isaac and Michael. Data processing was carried out using SPSS 21 software, using descriptive techniques and multiple linear analysis hypothesis testing. Based on the results of the t test, the coefficient of the regression brand ambassador variable is 0.340 and is positive, then has a sig value. 0.005 Which means < 0.05. Then the brand ambassador variable is said to have a positive and significant effect on purchasing decisions. The advertising variable shows the regression coefficient is 0.670 and is positive and then has a sig value. 0.000 Which means <0.05. Then the advertising variable is said to have a positive and significant effect on purchasing decisions. Based on the results of the F test, the F value of 56.595 with the value of sig. 0.000 and <0.05, it can be concluded that the brand ambassador and advertising together have a positive and significant effect on purchasing decisions. While the value of Adjusted R Square is 0.318. This value shows that 31.8% of purchasing decisions are influenced by brand ambassadors and advertisements, then the remaining 68.2% are influenced by other factors not explained in this study.
Description: 94 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16028
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320089 - Lismawati - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.36 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
178320089 - Lismawati - Fulltetxt.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography3.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.