Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16065
Title: Hubungan Konsep Diri (Self Concept) Dengan Perilaku Imitasi Pada Remaja Penggemar K-Pop
Other Titles: Relationship Of Self-Concept With Imitation Behavior In Adolescent K-Pop Fans
Authors: Putri, Melvilandina Endrari
metadata.dc.contributor.advisor: Aziz, Azhar
Nafeesa, Nafeesa
Keywords: konsep diri;perilaku imitasi;remaja;self-concept;imitation behavior;adolescents
Issue Date: 1-Jul-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;168600019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perilaku imitasi pada remaja penggemar K-POP. Perilaku imitasi merupakan perilaku meniru yang dilakukan oleh seseorang melalui pengamatan terhadap perilaku yang ditunjukkan oleh orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 80 orang, teknik pengambilan sampel dengan metode total sampling. Penelitian ini menggunakan model skala likert. Teknik analisis yang dilakukan menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi rxy = -0,393 dengan p = 0,000 (p<0,050), artinya ada hubungan negative antara konsep diri dengan perilaku imitasi. Dengan hasil tersebut, hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan negative antara konsep diri dengan perilaku imitasi dapat diterima. Nilai koefisien korelasi negative menunjukkan bahwa arah hubungan kedua variabel adalah negatif, artinya semakin tinggi konsep diri yang dilakukan maka semakin rendah perilaku imitasi. Konsep diri memberikan sumbangan efektif sebesar 39,3% pada perilaku imitasi dan sebesar 60,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu seperti faktor control diri, lingkungan dan penguatan. Mean empirik variabel konsep diri yang diperoleh yaitu 48.48 sedangkan mean empirik variabel perilaku imitasi sebesar 115,56 lalu untuk mean hipotetik variabel konsep diri sebesar 75 dan mean hipotetik variabel perilaku imitasi sebesar 100. Meninjau hasil penelitian maka penelitian ini dinyatakan diterima. This study aims to determine the relationship between self-concept and imitation behavior in adolescent K-POP fans. Imitation behavior is imitation behavior that is done by someone through observing the behavior shown by other people. This study uses a quantitative approach. The sample of this research was 80 people, the sampling technique was the total sampling method. This study uses a Likert scale model. The analysis technique used is Product Moment Correlation. The results of this study indicate the correlation coefficient of rxy = -0.393 with p = 0.000 (p <0.050), meaning that there is a negative relationship between self-concept and imitation behavior. With these results, the hypothesis in this study that there is a negative relationship between self-concept and imitation behavior is acceptable. The negative correlation coefficient value indicates that the direction of the relationship between the two variables is negative, meaning that the higher the selfconcept is done, the lower the imitation behavior. The self-concept provides an effective contribution of 39.3% to imitation behavior and 60.7% is influenced by other factors not examined in this study, such as self-control, environmental and reinforcement factors. The empirical mean of the self-concept variable obtained was 48.48, while the empirical mean of the imitation behavior variable was 115.56, then the hypothetical mean of the self-concept variable was 75 and the hypothetical mean of the imitation behavior variable was 100. Reviewing the results of the study, this study was declared accepted.
Description: 106 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16065
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
168600019 - Melvilandina Endrari Putri - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV328.09 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
168600019 - Melvilandina Endrari Putri - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, Bibliography998.69 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.