Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16092
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSurbakti, Amanah-
dc.contributor.advisorSitorus, Maraganti-
dc.contributor.authorSaleha, Siti-
dc.date.accessioned2021-12-23T10:06:12Z-
dc.date.available2021-12-23T10:06:12Z-
dc.date.issued2020-01-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16092-
dc.description85 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku panduan guru bermain tradisional engklek untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian anak usia dini dengan terlebih dahulu menguji draf dan efektifitas buku panduan guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research dan development) model Borg dan Gall yang dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu pendahuluan, pengembangan, uji coba desiminasi. Penelitian ini dilaksanakan di dua TK yaitu TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Medan yang memiliki 44 anak kelompok B 26 anak, kelompok A 13 anak dan 5 anak kelompok bermain dan TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Medan memiliki 38 anak kelompok B 25 anak dan 13 anak kelompok A pada Tahun 2019/2020 dan masing-masing sekolah subjek penelitiannya adalah anak kelompok B. Untuk uji coba buku panduan subyek penelitian ujicoba lapangan terbatas dipilih 4 orang anak, uji lapangan luas dipilih 8 orang anak dari TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Medan.Untuk menguji apakah terjadi peningkatan kepercayaan diri dan kemandirian anak yang menggunakan buku panduan permainan tradisional engklek secara konvensional tanpa buku panduan pada uji operasional kelas kontrol memilih TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Medan sebanyak 15 anak dan untuk ujicoba operasional kelas eksperimen dipilih 15 anak dari TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Medan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dari indikator yang akan dicapai. . Hasil penelitian ini menggunakan uji paired t test menunjukkan bahwa nilai rata-rata kepercayaan diri kelas eksperimen pada permainan engklek level permainan 1,2 dan 3 sebesar 50,03 dan nilai rata- rata kepercayaan diri kelas kontrol sebesar 47,4 terjadi selisih 2,63. Sementara nilai rata-rata kemandirian kelas eksperimen pada permainan engklek level 1,2 dan 3 sebesar 66,4 dan nilai rata-rata kemandirian kelas kontrol sebesar 63,21 terjadi selisih 3,19. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan kepercayaan diri dan kemandirian sesudah menerapkan buku pedomanpermainan engklek untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian. This study aims to produce a product in the form of a traditional crank play teacher's guide book to increase the self-confidence and independence of early childhood by first testing the draft and effectiveness of the teacher manual. This type of research is the development research (research and development) of the Borg and Gall model which is carried out in four stages, namely preliminary, development, and dissemination trials. This research was conducted in two kindergartens, namely TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Medan which had 44 children group B 26 children, group A 13 children and 5 children play group and TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Medan had 38 children group B 25 children and 13 children group A In 2019/2020 and each school the research subjects were group B children. For the limited field trial research subject guidebook trial 4 children were selected, the broad field test was selected 8 children from Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kindergarten Medan. To test whether There was an increase in the self-confidence and independence of children who used traditional crank game manuals without manuals in the control class operational test, choosing TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Medan as many as 15 children and for operational trials the experimental class was selected 15 children from TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Medan . The data collection method used in this research is observation. The data collection instrument is in the form of an observation sheet from the indicators to be achieved. . The results of this study using the paired t test show that the average value of the experimental class selfconfidence in the game crank game level 1,2 and 3 is 50.03 and the average value of the control class confidence is 47.4, there is a difference of 2.63. . While the average value of the independence of the experimental class in the game crank level 1,2 and 3 is 66.4 and the independent control class average value is 63.21, there is a difference of 3.19. This shows an increase in self-confidence and independence after implementing the crank game manual to increase self-confidence and independence.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;171804019-
dc.subjectpermainan tradisional engkleken_US
dc.subjectkepercayaan dirien_US
dc.subjectkemandirianen_US
dc.subjecttraditional games engkleken_US
dc.subjectself confidenceen_US
dc.subjectindependenceen_US
dc.titleModel Pengembangan Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Kemandirian Anak Usia Dinien_US
dc.title.alternativeThe Development Model of the Traditional Engklek Game to Increase Self-confidence and Independence in Early Childhooden_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
171804019 - Siti Saleha - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.33 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
171804019 - Siti Saleha - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography920.26 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.