Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16097
Title: Model Pengembangan Permainan Petak Umpet Terhadap Tanggung Jawab Dan Kemandirian Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Bustanul Atfal 25 Medan
Other Titles: The Game of Hide and Seek Development Model for the Responsibility and Independence of Early Childhood in Kindergarten Aisyiyah Bustanul Atfal 25 Medan
Authors: Wulandari, Dewi
metadata.dc.contributor.advisor: Surbakti, Amanah
Masganti, Sit
Keywords: permainan petak umpet;tanggung jawab;kemandirian;petak umpet game;responsible;indipendence
Issue Date: Oct-2020
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;171804048
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah model pengembangan Permainan Petak Umpet untuk meningkatkan Tanggung jawab dan kemandirian anak usia dini. Penelitian ini bertempat di TK ABA 25 Medan, ABA 25 Medan, ABA 25 Medan, ABA 25 Medan, ABA 25 Medan, ABA 25 Medan, ABA 25 Medan, ABA 25 Medan, ABA 25 Medan, ABA 25 Medan, ABA 25 Medan, Jl. Pelita II Jl. Pelita II Jl. Pelita II Jl. Pelita II Jl. Pelita II Jl. Pelita II Jl. Pelita II Jl. Pelita II Jl. Pelita II Jl. Pelita II Jl. Pelita II Jl. Pelita II Jl. Pelita II Jl. Pelita II No 5 o 5 o 5 Kelurahan Kelurahan Kelurahan Kelurahan Kelurahan Kelurahan Kelurahan Kelurahan Sidorame barat Sidorame barat Sidorame barat Sidorame barat Sidorame barat Sidorame barat Sidorame barat Sidorame barat Sidorame barat Sidorame barat Sidorame barat Sidorame barat Sidorame barat Sidorame barat Kecamatan Medan Kecamatan Medan Kecamatan Medan Kecamatan Medan Kecamatan Medan Kecamatan Medan Kecamatan Medan Kecamatan Medan Kecamatan Medan Kecamatan Medan Kecamatan Medan Kecamatan Medan Kecamatan Medan Kecamatan Medan perjuangan perjuangan perjuangan perjuangan perjuangan perjuangan perjuangan perjuangan Kot Kot Kot a Medan Medan Medan Medan . Sampel penelitian pada uji terbatas sebanyak 4 (empat) anak, pada uji lapangan lebih luas sebanyak 8 (delapan) anak, dan pada uji operasional sebanyak 30 anak yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 15 anak dan kelas kontrol sebanyak 15 anak. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D). Teknik analisis data produk yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif dengan Uji-t. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru dan beberapa anak-anak di TK ABA 25, maka dapat disimpulkan bahwa modul perangkat bermain Petak umpet dapat digunakan di TK ABA 25. Hasil analisis data penelitian melalui lembar observasi penilaian membuktikan bahwa terdapat peninngkatan Tanggung jawab anak dan kemandirian anak di TK ABA 25 berkembang dengan baik, dan dari hasil uji t diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 yang artinya perangkat bermain Petak umpet layak dan efektif untuk mengembangkan Tanggung jawab dan kemandirian Anak Usia Dini di TK ABA 25. This study aims to determine the steps to develop the Petak umpet Games to increase responsible and independence of early childhood. This research is located at ABA 25 MedanKindergarten, Jl. Pelita II No.5 Sidorame barat Outflow Medan Perjuangan District Medan City. The research sample in the limited test was 4 (four) children, in the wider field test there were 8 (eight) children, and in the operational test there were 30 children consisting of 15 experimental classes and 15 in the control class. The type of research to be carried out is research and development or known as Research and Development (R&D). Product data analysis technique used in this research development is to use descriptive analysis techniques with the t-test. Based on observations and interviews with teachers and some children at ABA 25 Kindergarten, it can be concluded that the Petak umpet playing device module can be used at ABA 25 Kindergarten. The results of the analysis of research data through the observation sheet prove that there is an increase in children's responsible and independence of children in kindergarten ABA 25 well developed, and from the results of the t test obtained a significant value of 0,000 which means that the Petak umpet playing device is feasible and effective for developing responsible and independence of the Aged Children Early at Hang Tuah Kindergarten.
Description: 111 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16097
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
171804048 - Dewi Wulandari - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV2.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
171804048 - Dewi Wulandari - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.