Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16157
Title: Model Bermain Balok Untuk Mengembangkan Kognitif Dan Kreativitas Anak Program Studi Magister Universitas Medan Area Kelompok B Di Ra Al Huda Marelan
Other Titles: Block Play Model To Develop Children's Cognitive And Creativity Master Study Program, Medan University Area Group B At Ra Al Huda Marelan
Authors: Susanti, Arya
metadata.dc.contributor.advisor: Nur'aini
Surbakti, Amanah
Keywords: bermain balok;kognitif;kreativitas anak;play blocks;cognitive;childrens creativity
Issue Date: Sep-2020
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;171804106
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan keefektifan buku panduan guru bermain balok untuk membantu mengembangkan Kognitif dan Kreativitas Anak Kelompok B Di RA Al Huda Marelan. Penelitian dilaksanakan di RA Al Huda Marelan. Penelitian dilaksanakan mulai Oktober sampai Desember 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak di Kelompok B usia 5-6 tahun di RA Al- Huda Marelan Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 orang anak. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D). Teknik analisis data produk yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis dari observasi dan wawancara terhadap guru dan beberapa anak-anak di RA Al-Huda Marelan bahwa perkembangan kognitif anak awalnya berada pada rata rata 44%. Penilaian tersebut berada pada kategori Belum Berkembang (BB) kemudian setelah menerapkan buku panduan guru bermain balok secara umun perkembangan kognitif anak berada pada rata-rata 82% atau mengalami perubahan yang signifikan meningkat sebanyak 38%. Sehingga penilaian tersebut berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Sedangkan perkembangan kreativitas anak awalnya berada pada rata-rata 28% penilaian tersebut berada pada kategori Belum Berkembang (BB) setelah menerapkan buku panduan guru bermain balok secara umum perkembangan keativitas anak berada pada ratarata 75% atau mengalami perubahan yang signifikan meningkat sebanyak 47%. Sehingga penilaian tersebut berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). maka dpat disimpulkan bahwa modul perangkat bermain balok dapat digunakan di RA Al-Huda Marelan. Perkembangan kogitif dan keativitas anak berkembang dengan baik, sehingga perangkat bermain balok layak untuk mengembangkan Kognitif dan kreativitas Anak Usia Dini di RA Al-Huda Marelan. This study aims to produce a product and the effectiveness of the teacher's play guide book to help develop Cognitive and Creativity Group B Children in RA Al Huda Marelan. The study was conducted at RA Al Huda Marelan. The study was conducted from October to December 2019. Subjects in this study were all children in Group B aged 5-6 years in RA Al-Huda Marelan 2019/2020 Academic Year, amounting to 30 children. The type of research to be carried out is research and development or known as Research and Development (R&D). Product data analysis techniques used in this research development are using descriptive analysis techniques. Based on the results of the analysis of observations and interviews with teachers and some children at RA Al-Huda Marelan, that the cognitive developmentof children was initiallyat an average of the assesment is in the Undeveloped (BB) category than after applying the teacher’s play guide book generally the children’s cognitive development is at an average of 82 % or an increase of 38%. So that the assesment is in the category of very good Developing (BSB). While the creativity development of children initially was at an average of 28%, the assesment was in the Undeveloped (BB) category after applying the teacher play guide book in general, children’s creativity developent was at an average of 75% or an increase of 47%. So that the assesment is in the category of Developing according to Epectation ( BSH). Children's cognitive development and children's creativity at RA Al-Huda are well developed, so that the block playing device is feasible for developing Cognitive and Early Childhood creativity at RA Al-Huda Marelan.
Description: 137 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16157
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
171804106 - Arya Susanti - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.38 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
171804106 - Arya Susanti - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.